Perbandingan tingkat pemahaman siswa dari MTs dengan siswa dari SMP terhadap materi PAI di MAN Babat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriya, Masfufatul (2011) Perbandingan tingkat pemahaman siswa dari MTs dengan siswa dari SMP terhadap materi PAI di MAN Babat Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Masfufatul Fitriya_D01207201.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fokus masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah bagaimana, sejauhmana dan apakah ada perbedaan tingkat pemahaman siswa dari MTs dengan siswa dari SMP terhadap materi PAI di MAN Babat Lamongan. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis statistik dan nonstatistik dalam menganalisis Tingkat Pemahaman siswa dari MTs dengan siswa dari SMP terhadap materi PAI di MAN Babat Lamongan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara dan tes tulis. Dalam penelitian ini menjelaskan bahwa siswa dari MTs dengan siswa dari SMP, keduanya sama-sama pernah mendapatkan materi PAI hanya saja berbeda kapasitas waktu dan materi yang di berikan. Tingkat pemahaman siswa meliputi penerjemahan, penafsiran dan ektrapolasi dan pemahaman itu sendiri memiliki beberapa indikator yang harus di capai oleh siswa yaitu : membedakan, menjelaskan, meramalkan, menafsirkan, memperkirakan, memberi contoh, mengubah, membuat rangkuman, menuliskan kembali, melukiskan dengan kata-kata sendiri. Jika siswa sudah dapat memenuhi semua indikator tersebut berarti siswa sudah benar-benar paham dengan materi yang di sampaikan oleh guru. Selain itu, tingkat pemahaman tiap siswa itu berbeda-beda dan banyak hal yang dapat mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi yang di sampaikan oleh guru baik faktor intern ( faktor dari dalam diri siswa itu sendiri ) maupun faktor ekstern ( faktor dari luar). Sedangkan materi Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAN Babat Lamongan di sampaikan oleh guru dalam empat mata pelajaran yaitu : Aqidah Akhlaq, Bahasa Arab, Fiqih dan Qur’an Hadits. Baik siswa dari MTs maupun siswa dari SMP keduanya mengaku sama-sama pernah mendapatkan materi tersebut hanya saja untuk materi Bahasa Arab siswa dari SMP sedikit mengalami kesulitan. Namun dengan semangat belajar yang tinggi dari para siswa sehingga sedikit demi sedikit hal itu bisa di atasi. Dan setelah di teliti ternyata memang benar ada perbedaan yakni siswa dari MTs lebih unggul dengan kriteria sangat baik dibandingkan dengan siswa dari SMP dengan kriteria baik dalam memahami materi PAI di MAN Babat Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriya, MasfufatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Pendidikan > Pendidikan Materi
Keywords: Pemahaman siswa; materi Pendidikan Agama Islam (PAI)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 May 2018 07:31
Last Modified: 17 May 2018 07:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25151

Actions (login required)

View Item View Item