Kesiapan guru PAI dalam penerapan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) di SMK YPM 1 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Siti Nailu (2011) Kesiapan guru PAI dalam penerapan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) di SMK YPM 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Nailu Rohmah_D01207200.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology) yang sangat pesat di era globalisasi ini memberikan pengaruh yang cukup besar dalam berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali dunia pendidikan. Pendidikan, mengacu pada konsep yang tertuang dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional (Sisdiknas) bab I pasal I, adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlaq mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Jika proses pendidikan dilaksanakan dengan fungsi dan tujuan seperti yang dikemukakan di atas, maka dirasa perlu dan harus dipertimbangkan proses pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan dengan menyiapkan kurikulum yang baik. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa tujuan pendidikan yang ingin dicapai akan dapat terlaksana jika alat, isi kurikulum yang dijadikan dasar acuan relevan. Dengan kata lain, ini bisa diartikan bahwa kurikulum dapat membawa kita ke arah tercapainya tujuan pendidikan. Pembelajaran harus selalu dikembangkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat. Perkembangan yang terkait ilmu pengetahuan dan teknologi, masyarakat, berbangsa dan bernegara, maupun isu-isu di dalam dan di luar negeri merupakan tantangan yang harus dipertimbangkan dalam kurikulum. Dalam hal ini, pemerintah pusat, daerah serta pihak sekolah harus mampu dengan cepat menjawab tantangan- tantangan tersebut untuk direalisasikan dalam program pendidikan. Oleh karena itu, Penerapan kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dirasa paling cocok dalam memenuhi kebutuhan serta tuntutan masyarakat sekarang ini. Untuk mengetahui sejauh mana kesiapan sekolah dalam penerapan kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ialah dengan terpenuhinya beberapa indikator yakni kompetensi-kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang pengajar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode diskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa upaya sekolah dalam penerapan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) meliputi peningkatan fasilitas atau sarana prasarana untuk pendukung, sehingga baik dari segi fasilitas maupun tenaga pengajarnya telah cukup memungkinkan untuk menerapkan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Siti NailuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Teknologi > Teknologi Informasi
Uncontrolled Keywords: Guru PAI; pembelajaran TIK
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 May 2018 04:28
Last Modified: 17 May 2018 04:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25146

Actions (login required)

View Item View Item