Peran pesantren NU dalam memberdayakan pendidikan Islam masyarakat: study kasus di pesantren an-Najiyah Kecamatan Wonocolo Surabaya

Khoiro, Himmatul (2011) Peran pesantren NU dalam memberdayakan pendidikan Islam masyarakat: study kasus di pesantren an-Najiyah Kecamatan Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Himmatul Khoiro_D01207180.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin surutnya kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan pesantren. Mereka para orang tua beranggapan bahwa pendidikan umum lebih jelas masa depannya, sehingga mereka mengabaikan pendidikan pondok pesantren yang berperan dalam memberdayakan pendidikan Islam. Padahal seharusnya antara pendidikan umum dan pendidikan Islam itu sejajar. Banyaknya kasus kenakalan remaja (pelajar) tampak jelas bahwa hal tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman mereka terhadap pendidikan Islam. Maka dengan diketahui peran pesantren dalam memberdayakan pendidikan Islam bagi masyarakat, bisa membuka hati para orang tua bahwa pendidikan pesantren juga memberikan peluang masa depan yang cerah bagi anak-anak bangsa dengan menanamkan nilai- nilai moral bagi anak-anak didik, melalui pemberdayaan pendidikan Islam dengan tujuan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, pemahaman, kesadaran serta pengamalan ajaran-ajaran Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlaq mulia. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut di atas, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif yakni penelitian yang memaparkan atau menggambarkan data yang diperoleh oleh peneliti yang berkaitan dengan objek penelitian dengan melakukan studi kepustakaan dan pendekatan studi lapangan dengan mengadakan penelitian langsung di pondok pesantren An-Najiyah kecamatan Wonocolo Surabaya sebagai objek penelitian. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi yang mana data yang sudah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari obyek penelitian, dapat diketahui bahwa dalam memberdayakan pendidikan Islam Masyarakat di pondok pesantren An-Najiyah kec. Wonocolo Surabaya, telah dilaksanakan beberapa program/ kegiatan dengan tujuan agar masyarakat sekitar juga ikut merasakan pendidikan Islam, khususnya bagi mereka yang sudah tidak di usia sekolah. Juga untuk menginformasikan bahwa pendidikan pondok pesantren juga memberikan peluang yang baik bagi masyarakat untuk masa depan. Dan juga tujuan daripada dilaksanakannya program/ kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, pemahaman, kesadaran serta pengamalan ajaran-ajaran Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlaq mulia. Sehingga mampu hidup bermasyarakat dengan baik, dengan menjaga sifat dan sikap terhadap masyarakan luas.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Aziz, Yahya
Uncontrolled Keywords: Pesantren; NU; pendidikan Islam; masyarakat
Subjects: Masyarakat
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pesantren
Nahdlatul Ulama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 May 2018 03:33
Last Modified: 17 May 2018 03:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25144

Actions (login required)

View Item View Item