Implementasi pembelajaran PAI dengan pendekatan gaya belajar visual, auditorial, kinestetik dalam meningkatkan daya ingat siswa kelas VII A & B di SMP Antartika Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Barikatul (2011) Implementasi pembelajaran PAI dengan pendekatan gaya belajar visual, auditorial, kinestetik dalam meningkatkan daya ingat siswa kelas VII A & B di SMP Antartika Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Barikatul Hikmah_D01207168.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulis mengambil judul skripsi ini dengan latar belakang masalah dalam Pendidikan Agama Islam di sekolah yang mayoritas siswa mengalami kesulitan pemahaman dalam materi tersebut. Tidak semua dengan mudah mengingat dan menjelaskan kembali materi PAI yang telah dijelaskan oleh guru. Daya ingat yang kurang yang dialami beberapa siswa menjadi penyebab tidak bersemangatnya mereka mempelajari Pendidikan Agama Islam. Proses belajar mengajar yang monoton dan lebih banyak dengan metode ceramah membuat siswa bosan dan sering mengabaikan mata pelajaran ini. Hal inilah yang menjadi masalah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Antartika Surabaya. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi pembelajaran PAI di SMP Antartika Surabaya; (2) Bagaimana daya ingat siswa tentang implementasi pembelajaran PAI di SMP Antartika Surabaya; (3) Bagaimana respon siswa terhadap implementasi pembelajaran PAI dengan pendekatan gaya belajar visual, auditorial, kinestetik dalam meningkatkan daya ingat siswa kelas VII di SMP Antartika Surabaya. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif (deskriptif kualitatif), adapun metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan masalah tersebut di atas dan setelah dianalisis, dapat disimpulkan bahwa (1) Implementasi pembelajaran PAI di SMP Antartika Surabaya lebih banyak menggunakan dua metode, yakni metode ceramah 73% dan metode demonstrasi 43%; (2) Daya ingat siswa tentang implementasi pembelajaran PAI yang menggunakan metode ceramah dan demonstrasi adalah “kadang-kadang mengingat” (ceramah, 73% yakni “cukup baik”), (demonstrasi, 50% yakni “kurang baik”). Sedangkan kebosanan menerima materi dengan dua metode tersebut “tidak ada kebosanan” (ceramah, 73% yakni “cukup baik”), (demonstrasi, 57% yakni “cukup baik”) ; (3) Respon siswa terhadap implementasi pembelajaran PAI dengan pendekatan gaya belajar visual, auditorial, kinestetik dalam meningkatkan daya ingat adalah sangat baik. Yakni mencapai 70% yang menyatakan setuju dengan penerapan gaya belajar tersebut dalam satu pembelajaran, terutama pembelajaran PAI. Maka hasil prosentase ini termasuk dalam kategori “cukup baik”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, BarikatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI; gaya belajar visual; auditorial; kinestetik; meningkatkan daya ingat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 May 2018 03:08
Last Modified: 17 May 2018 03:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25143

Actions (login required)

View Item View Item