Implementasi peraturan Menteri Agama nomor 2 tahun 2008 dalam pembelajaran di MAN Tambakberas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasukhin, Muhammad (2011) Implementasi peraturan Menteri Agama nomor 2 tahun 2008 dalam pembelajaran di MAN Tambakberas. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nasukhin_D01207161.pdf

Download (2MB)

Abstract

Implementasi merupakan upaya tindak lanjut dari sebuah teori yang telah disepakati kebenarannya dan keberadaannya. Pentingnya upaya implementasi ini juga berlaku pada kehidupan dunia pendidikan. Berlandaskan hal tersebut, maka peneliti mencoba mengangkat implementasi Peraturan Menteri Agama (PERMENAG) nomor 2 tahun 2008 di MAN Tambakberas untuk dijadikan sebagai judul dalam skripsi, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimanakah implementasi PERMENAG nomor 2 tahun 2008 dalam pembelajaran di MAN Tambakberas?. (2). Bagaimana persiapan Guru dalam penerapan PERMENAG Nomor 2 Tahun 2008 pada pembelajaran di MAN Tambakberas? (3). Apa sajakah kendala-kendala yang dihadapi serta faktor pendukung dalam implementasi PERMENAG nomor 2 tahun 2008 di MAN Tambakberas?(4). Bagaimana penerapan kurikulum lokal dalam menunjang PERMENAG nomor 2 tahun 2008 pada pembelajaran di MAN Tambakberas? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif bersifat deskriptif, karena objek yang diteliti berlangsung dalam latar yang wajar dan bertujuan untuk mengetahui dengan seksama dan secara lebih detail. Dengan demikian, peneliti melakukan proses pengumpulan data dengan menggunakan 3 macam teknik yang dirasa sangat cocok dengan jenis penelitian tersebut, yaitu : (1) Pengamatan terlibat, (2) wawancara mendalam, dan (3) Dokumentasi. Pengecekan keabsahan datanya dilakukan dengan verivikasi terhadap data yang diperoleh dengan teknik triangulasi. Berangkat dari penelitian tentang implementasi PERMENAG nomor 2 tahun 2008 dalam pembelajaran di MAN Tambakberas, maka peneliti telah dapat mengungkap bahwa implementasi PERMENAG nomor 2 tahun 2008 ini dapat dilaksanakan. Akan tetapi ditemukan adanya beberapa kendala dalam implementasi PERMENAG nomor 2 tahun 2008 di MAN Tambakberas, yaitu: (1) kedalam materi yang di berikan kurang begitu mendalam, (2) kebosanan peserta didik dengan materi yang di ajarkan, (3) terlalu banyaknya materi yang diajarkan, (4) kurangnya dukungan dari keluarga dan masyarakat, dan (5) tidak adanya Ujian Nasional mata pelajaran yang ada dalam PERMENAG 2 tahun 2008. Sedangkan faktor pendukung dalam implenetasi PERMENAG 2 tahun 2008 dalam pembelajaran di MAN Tambakberas, yaitu: adanya penerapan muatan lokal yang menambah serta membantu dari segi isi serta materi, dan suasana lingkungan pondok pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasukhin, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengambilan Keputusan
Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Peraturan Menteri Agama nomor 2 tahun 2008; pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 May 2018 02:42
Last Modified: 17 May 2018 02:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25139

Actions (login required)

View Item View Item