Pengaruh penerapan kantin kejujuran sekolah terhadap pembentukan akhlak jujur siswa di SMA Negeri 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rafita, Putri Dwi (2011) Pengaruh penerapan kantin kejujuran sekolah terhadap pembentukan akhlak jujur siswa di SMA Negeri 5 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Putri Dwi Rafita_D01207146.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Akhlak ialah sifat-sifat yang dibawa manusia sejak lahir yang tertanam dalam jiwanya dan selalu ada padanya. Sifat itu dapat berupa perbuatan baik, yang disebut akhlak mulia, atau perbuatan buruk yang disebut akhlak tercela seseuai dengan pembinaannya. Kantin kejujuran sekolah adalah kantin yang menjual makanan kecil dan minuman yang berada di sekolah. Kantin kejujuran tidak memiliki penjual dan tidak dijaga. Penelitian ini bertujuanuntuk 1. Mengetahui konsep penerapan kantin kejujuran sekolah di SMA 5 Surabaya. 2. Mengetahui bentuk Akhlak siswa di SMA 5 Surabaya. 3. Mengetahui pengaruh penerapan kantin kejujuran sekolah dalam membentuk akhlak siswa di SMA 5 Surabaya. Penelitian ini ditulis dalam kuantitatif korelasional yang menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi. Dengan menngunakan rumus korelasiproduct moment, peneliti menemukan bahwa ada pengaruh kantin kejujuran terhadap akhlak siswa di SMA 5 Surabaya. Hal ini juga terbukti dari hasil interview bersama pengelola kantin serta guru agama yang berkaitan langsung dengan akhkak siswa, dan juga observasi yang menyatakan bahwa tidak ada kerugian selama mulai berdirinya kantin kejujuran sampai saat peneliti menyelesaikan ppenelitiannya. Hal ini juga disampaikan oleh seorang guru agama islam SMA 5 Surabaya yang menyatakan bahwa akhlak siswa lebih terkontrol sejak mereka mengenal kejujuran lewat sebuah kantin tersebut. Secara umum konsep penerapan kantin kejujuran sekolah di SMA 5 Surabaya sama dengan penerapan kantin kejujuran pada umumnya. Namun yang dapat membedakan yakni apa yang di jual di kantin kejujuran SMA 5 Surabaya ini hanyalah sebatas makanan ringan yang harganya tidak lebih dari tiga ribu rupiah perbuahnya. Kantin kejujuran ini telah membentuk akhlakul karimah yang dikhususkan lebih pada kejujuran dalam bersikap dan bertingkah laku. Semua ini dilakukan karena mengacu pada konsep penerapan kantin kejujurann sekolah yang bertujuan untuk membentuk pribadi yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya serta menjunjung tinggi kejujuran. Hal ini tlah direalisasikan oleh para siswa SMA 5 Surabaya melalui sudut pandang penulis dan dikuatkan oleh penuturan guru agama islam yang ada di sekolah tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rafita, Putri DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Keuangan
Manajemen dan organisasi sekolah
Uncontrolled Keywords: Kantin kejujuran; akhlak siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 May 2018 01:37
Last Modified: 17 May 2018 01:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25137

Actions (login required)

View Item View Item