Pengaruh tugas wajib santri terhadap kemampuan mengajar di pondok pesantren al-Falah al-Kholiliyah Kepang Bangkalan Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Uswatun (2011) Pengaruh tugas wajib santri terhadap kemampuan mengajar di pondok pesantren al-Falah al-Kholiliyah Kepang Bangkalan Madura. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Uswatun Hasanah_D01207134.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam merampungkan karya ilmiah skripsi dengan judul tersebut penulis melakukan penelitian ke salah satu pondok Pesantren di Bangkalan Madura. Dalam penelitian ini penulis mendeskripsikan adanya pengaruh tugas wajib santri dan kemampuan mengajar, untuk menggambarkan suatu tujuan, diantaranya : Pelaksanaan tugas wajib santri di pondok pesantren Al-Falah Al-Kholiliyah Kepang Bangkalan Madura. Bagaimana kemampuan mengajar santri lulusan pondok pesantren Al-Falah Al-Kholiliyah Kepang Bangkalan Madura, ada dan tidaknya pengaruh tugas wajib santri terhadap kemampuan mengajar di pondok pesantren Al-Falah Al-Kholiliyah Kepang Bangkalan Madura. Adapun metode yang dipakai dalam pengumpulan data antara lain : Angket, Dokumentasi, Observasi, dan Interview. Dan untuk menganalisa data tersebut, penulis menggunakan analisa statistik yaitu prosentase dan tekhnik analisa Product Momen. Kesimpulan yang diperoleh dari penlitian ini adalah sebagai berikut : Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, bahwa program tugas wajib santri mempunyai pengaruh terhadap kemampuan mengajar santri. 5% diperoleh adalah 0,320 dan tarif nignifikan 1% diperoleh 0,143.Sedangkan menunjukkan hasil 0,988. Dengan demikian r hasil perhitungan lebih besar dari r pada tabel (rdf), berarti hipotesis alternatif yang berbunyi adanya pengaruh tugas wajib santri terhadap kemampuan mengajar di pondok al-falah al- kholiliyah kepang diterima, dan hipotesis nihil ditolak. Kemampuan mengajar santri di Pondok putri 1 Kepang Bangkalan sudah ikategorikan baik karena mereka mampu menyusun perencanaan, pelaksanaan kegiatan mengajar dan mampu melakukan evaluasi dengan baik. Adanya tersebut dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan dari nilai ujian praktek mengajar yang dicapai dan hasil angket yang memperoleh angka sebesar 0,988 dengan jumlah responden 40 orang. Berdasarkan table interpretasi nilai r, angka 0,988 berada diantara 0,90 sampai 1.00 yang mana angka ini menunjukan bahwa korelasinya sangat tinggi. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, bahwa program tugas wajib santri mempunyai pengaruh terhadap kemampuan mengajar santri di pondok pesantren Al-Falah Al-Kholiliyah Kepang Bangkalan Madura.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, UswatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Pesantren
Santri
Uncontrolled Keywords: Tugas wajib santri; kemampuan mengajar; pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 May 2018 07:35
Last Modified: 18 May 2018 02:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25135

Actions (login required)

View Item View Item