Bimbingan dan Konseling Islam dengan teori Rational Emotif Theraphy menggunakan teknik Pengambilan Keputusan dalam mengatasi dilema pemilihan pasangan hidup

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizkia, Rahma (2018) Bimbingan dan Konseling Islam dengan teori Rational Emotif Theraphy menggunakan teknik Pengambilan Keputusan dalam mengatasi dilema pemilihan pasangan hidup. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rahma Rizkia_B03214010.pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25133

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses konseling dengan Teori Rational Emotif Therapy menggunakan Teknik Pengambilan Keputusan dalam Mengatasi Dilema Pemilihan Pasangan Hidup ? (2) Bagaimana hasil akhir proses konseling dengan Teori Rational Emotif Therapy menggunakan Teknik Pengambilan Keputusan dalam Mengatasi Dilema Pemilihan Pasangan Hidup ? Untuk membahas permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif mengupas studi kasus seorang remaja yang mengalami rasa dilema dalam mengambil keputusan dalam memilih pasangan hidup. Penelitian kualitatif menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan orangorang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini menggunakan Teori Rational Emotif Therapy dengan Teknik Pengambilan Keputusan agar konseli dapat mengambil keputusan secara optimal dan rasional. Analisa data menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan sebelum dan sesudah proses Bimbingan dan Konseling dengan Teori Rational Emotif Therapy menggunakan Teknik Pengambilan Keputusan dalam Mengatasi Dilema Pemilihan Pasangan Hidup. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Dalam penelitian ini proses konseling yang terjadi menggunakan teori rational emotif therapy dengan teknik pengambilan keputusan, pendekatan ini klien diharapkan dapat memutuskan dan mempertanggung jawabkan pilihannya dengan keputusan yang telah diambil secara rasional. Adapun langkah-langkahnya yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment/terapi dengan teori rational emotif therapy menggunakan teknik pengambilan keputusan. (2) Hasil akhir dari proses konseling dengan teori rational emotif therapy menggunakan teknik pengambilan keputusan dalam penelitian ini cukup berhasil , hasil tersebut dapat terlihat dan dilihat dari adanya perubahan pada sikap dan perilaku konseli yang sebelumnya merasa dilema dalam mengambil keputusan, namun saat ini konseli dapat mengambil keputusan secara rasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizkia, Rahmarizkiarahma0@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keluarga > Keluarga Berencana
Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam; Teori Rational Emotif Therapy; Teknik Pengambilan Keputusan; Dilema
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 May 2018 04:51
Last Modified: 16 May 2018 04:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25133

Actions (login required)

View Item View Item