Peningkatan keterampilan membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Puisi Kelas III dengan menggunakan media Kartu Kartun di MI Badrussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farihah, Laily Umi (2018) Peningkatan keterampilan membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Puisi Kelas III dengan menggunakan media Kartu Kartun di MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Laily Umi Farihah_D07214009.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahn yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penggunaan media Kartu Kartun dalam meningkatkan keterampilan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi puisi pada siswa kelas III di MI Badrussalam Surabaya? 2. Bagaimana peningkatan keterampilan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi puisi pada siswa kelas III menggunakan media Kartu Kartun di MI Badrussalam Surabaya?. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, teknik pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori Kurt Lewin. Hasil penelitian ini diperoleh dengan kesimpulan sebagai berikut: 1. Penggunaan media kartu kartun dapat dilaksanakan dengan baik melalui siklus. Dapat diketahui aktivitas yang dilakukan oleh guru dan siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hasil observasi guru pada siklus I yaitu 82,75% (baik) kemudian menjadi 90,74% (sangat baik) pada siklus II. Begitu pula pada observasi aktivitas siswa yang semula pada siklus I mencapai skor 84,2% (baik) kemudian meningkat menjadi 86,84% (baik) pada siklus II, 2. Adanya peningkatan keterampilan membaca siswa dengan menggunakan media kartu kartun mata pelajaran bahasa Indonesia materi puisi kelas III MI Badrussalam Surabaya dapat dilihat dari nilai rata-rata keterampilan membaca siswa pada pra siklus yaitu 77,45 (rendah), kemudian pada siklus I meningkat menjadi 81,22 (baik) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 85,68 (cukup baik). Dapat dilihat juga pada peningkatan persentase kelas yaitu pada pra siklus yaitu 48,57% dan pada siklus I meningkat menjadi 81,22%, kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 85,68%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farihah, Laily UmiLailyumif@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Keterampilan; Membaca; Kartu Kartun
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Farihah Laily Umi
Date Deposited: 17 May 2018 00:56
Last Modified: 17 May 2018 00:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25132

Actions (login required)

View Item View Item