Keistimewaan zaitun dalam perspektif al-Qur'an dan sains: analisis penafsiran surah al Mukminun ayat 20

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisak, Khilyatun (2018) Keistimewaan zaitun dalam perspektif al-Qur'an dan sains: analisis penafsiran surah al Mukminun ayat 20. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khilyatun Nisa_E93214093.pdf

Download (8MB)

Abstract

Terdapat banyak kemukjizatan tumbuh-tumbuhan yang telah Allah ciptakan sertadisebutkannyadalam Alquran. Dari kemukjizatan tersebut terdapat keajaiban buah-buahan, baik keajaiban penciptaan maupun keajaiban manfaatnya, salah satunya yaitu zaitun. Zaitun adalah buah yang disebutkanoleh Allah sebanyak tujuh kali dalam Alquran. Dalam penelitian ini difokuskan satu ayat yaitu Surah al Mukminun ayat 20. Dalam ayat tersebut mengisyaratkan pohon zaitun yang berbuah yang dapat menghasilkan minyak dan menjadi penambah selera bagi yang memakannya. Dengan hal tersebut banyak penelitian baik dari dokter maupun majalah-majalah kesehatan menjelaskan bahwa minyak dari buah zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode tahlili yaitu menganalisis data, dengan disertai pendapat-pendapat para mufasir dalam menafsirkan suatu ayat. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan penafsiran para mufasir tentang zaitun dalam surah al Mukminun ayat 20 dan mengungkapkan kandungan apa yang dimiliki oleh buah ini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa zaitun dalam ayat ini menurut mufasir adalah buah yang sering digunakan sebagai campuran bahan makanan atau lauk pauk serta bermanfaat banyak bagi kesehatan. Kemudian Penelitian-penelitian kedokteran modern saat ini banyak membicarakan buah zaitun dari segi kesehatan serta meneliti kandungan senyawa yang dimilikinya.Sehingga berpengaruh bagi kesehatan tubuh manusia seperti mencegah kolesterol, mengurangi penggumpalan dalam darah, mencegah penyakit jantung, menyehatkan kulit dan rambut, dan masih banyak lagi kelebihannya bagi kesehatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisak, Khilyatunhilyatunnisa1196@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Al Qur'an
Tafsir
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Keistimewaan zaitun; al-Qur'an; sains; surat al Mukminun ayat 20
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 May 2018 07:12
Last Modified: 15 May 2018 07:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25115

Actions (login required)

View Item View Item