Pakaian dalam al-qur'an perspektif Zamakhsyari dalam tafsir al Kasyaf: telaah penafsiran kata libas,thiyab dan sarabil

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Gharro', Rodliyatul (2018) Pakaian dalam al-qur'an perspektif Zamakhsyari dalam tafsir al Kasyaf: telaah penafsiran kata libas,thiyab dan sarabil. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rodliyatul Gharro'_E73214038.pdf

Download (20MB)

Abstract

Telaah terhadap sebuah penafsiran dengan menarik tema sentral untuk dijadikan pembahasan dalam penelitian merupakan langkah efesien untuk mengetahui dan memahami bagaimana isi ayat Alquran itu sendiri, baik secara lafdzi maupun maknawi. Menggali serta memaparkan secara konkrit kajian semantik dengan pemahaman radikal (mendalam) dalam perspektif Zamakhsyari. Secara umum, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan kajian kepustakaan (library reseach), melalui literatur ilmiah baik yang primer seperti karya Zamakhsyari kitab tafsir al-kasyaf ‘an haqaiq tanzil dan sumber sekunder yang ada hubungannya serta masih relevan. Sejauh pandangan penulis, ada sisi menarik ketika membahas makna libas, thiyab dan sarabil dengan perspektif Zamakhsyari. Disamping ia menggunakan teori-teori ulum Alquran pada umumnya seperti munasabah, asbab al-nuzul dan lain sebagainya, ia juga mencoba menafsirkan ayat Alquran dari segi kebahasaan, baik secara balaghah, nahwu, sharraf maupun gramatikal Arab. Inilah yang kemudian disebut dengan pendekatan lughawi. Tafsir dengan corak lughawi ini memberikan pendekatan yang efektif guna mencari solusi dari pesan yang disampaikan Allah (Alquran) kepada Nabi Muhammad. Tujuannya adalah untuk menyingkap makna yang tersembunyi dari ayat tersebut sesuai dengan konteks sosial masa kini. Sehingga atau seakan-akan Alquran itu hadir tidak hanya pada zaman Nabi Muhammad melainkan juga saat ini (sholih li kulli zaman wa makan). Kata libas, thiyab dan sarabil menurut Zamakhsyari tidak hanya sekedar diartikan sebagai pakaian belaka. Ada sisi-sisi relevansinya dengan dunia saat ini. Ia juga memberikan makna gamblang serta perbedaan yang mendalam terkait terminologi itu. Baik dari segi lafdzi maupun maknawi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Gharro', Rodliyatulrodliyahgharro14@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Pakaian dan Perhiasan
Al Qur'an
Tafsir
Uncontrolled Keywords: Pakaian; al-qur'an; penafsiran Zamakhsyari; tafsir al Kasyaf
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 May 2018 07:02
Last Modified: 15 May 2018 07:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25113

Actions (login required)

View Item View Item