Pengaruh teknik Token Economy dalam meningkatkan kedisiplinan santriwati Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustha Kelas Isti’dad (kelas persiapan) di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya Tahun Ajaran 2017-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Iva Umi (2018) Pengaruh teknik Token Economy dalam meningkatkan kedisiplinan santriwati Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustha Kelas Isti’dad (kelas persiapan) di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya Tahun Ajaran 2017-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Iva Umi Agustina_B53214018.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada fenomena yang mengindikasikan adanya penurunan tingkat kedisiplinan yang dialami oleh santriwati di Pondok Pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh teknik token economy dalam meningkatkan kedisiplinan santriwati di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya Tahun Ajaran 2017-2018. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest group control design. Subyek penelitian ini sebanyak 22 santriwati yang mengalami tingkat kedisiplinan dalam kategori rendah. Kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu 11 kelompok eksperimen dan 11 kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan dengan 5 kali pertemuan. Adapun metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalahwawancara, angket dan dokumentasi. Untuk menguji apakah ada pengaruh teknik token economy dalam meningkatkan kedisiplinan santriwati, maka peneliti menguji hasil pretest dan posttest dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan analisis statistik The Mann-Withney U Test. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh nilai z sebesar -2,908 dan angka Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,004, maka 0,004/2= 0,002. Karena nilai Asymp. Sig. (2-tailed<taraf nyata (α/2= 0,05), maka hal ini berarti terdapat perbedaan tingkat kedisiplinan yang dialami oleh kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Diketahui nilai mean kelompok eksperimen 15,50 lebih besar daripada mean kelompok kontrol 7,50 berarti tingkat kedisiplinan yang dialami oleh kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukkan ke 11 anggota kelompok eksperimen mengalami tingkat kedisiplinan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, Iva Umiivaagustina42@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Token economy; kedisiplinan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 May 2018 04:20
Last Modified: 15 May 2018 04:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25108

Actions (login required)

View Item View Item