Etika berbicara dalam al-Quran dan kontekstualisasinya terhadap problem komunikasi interpersonal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Achmad Ali, Makki (2018) Etika berbicara dalam al-Quran dan kontekstualisasinya terhadap problem komunikasi interpersonal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Achmad Ali Makki_E03214017.pdf

Download (49MB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah, fenomena yang berkaitan dengan cara dan pesan seseorang ketika berbicara antar sesamanya yang tanpa memperdulikan aturan dan etika. Dimana fungsi komunikasi adalah sebagai aktivitas pendidikan dan menjalin kasih sayang antar manusia jadi perlu adanya aturan untuk mencapai fungsi dan tujuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyajikan ayat-ayat al-Qur’an yang membahas tentang etika berbicara dalam al-Qur’an dan kontekstualisasinya terhadap problem komunikasi yang sering terjadi sehingga etika yang di hasilkan bisa menjadi solusi atas problem tersebut. Etika merupakan aturan dan tata cara yang dinilai baik oleh masyarakat. Etika berbicara sendiri bekenaan dengan aturan, norma dan ukuran tingkah laku yang baik dalam proses komunikasi. Tujuan dimunculkannya yaitu agar ketika seseorang yang sedang melakukan komunikasi bisa berjalan dengan baik tanpa menimbulkan kerenggangan hubungan antar keduanya dan tidak ada akibat yang buruk setelahnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan). Penyajian tafsirnya dengan pendekatan tematik-analisis. Pendekatan yang dilakukan ini untuk menjelaskan kandungan ayat –ayat al-Qur’an secara keseleluruhan dengan jalan menghimpun ayat-ayat yang subtansi pesannya berhubungan dengan tema yang diambil. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa etika berbicara meliputi dua kategori yaitu etika cara dan etika muatan pesan. Keduanya harus terpenuhi dalam komunikasi untuk menghindari munculnya problem komunikasi. Sehingga komunikasi tersebut berjalan dengan baik dan sesuai dengan norma yang berlaku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Achmad Ali, Makkiamakki603@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hubungan Masyarakat
Komunikasi
Etika
Al Qur'an
Keywords: Etika; berbicara; al-Qur’an; komunikasi interpersonal
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 May 2018 04:23
Last Modified: 15 May 2018 04:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25107

Actions (login required)

View Item View Item