Literasi media Berbasis Komunitas: studi pada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Mojo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ikfinaini, Arfindi (2018) Literasi media Berbasis Komunitas: studi pada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Mojo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arfindi Ikfinaini_B96214091.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengenai fenomena perilaku bermedia masyarakat dalam mengkonsumsi dan menggunakan teknologi media. Dan KIM Mojo Surabaya adalah organisasi atau komunitas yang dinaungi oleh ppemerintah kota Surabaya kini sedang melakukan literasi media pada masyarakat Mojo Surabaya. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana motif KIM Mojo Surabaya dalam literasi media, bagaimana proses literasi media KIM Mojo Surabaya di masyarakat dan apa variasi program literasi media KIM Mojo Surabaya. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan dan memahami motif KIM Mojo Surabaya dalam literasi media, proses literasi media KIM Mojo Surabaya di masyarakat dan variasi program literasi media KIM Mojo Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan budaya, jenis penelitiannya adalah kualitatif deskriptif. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunkan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ekologi media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif KIM Mojo Surabaya dalam literasi media didasari oleh rasa tanggung jawab sosial, proses literasi media KIM Mojo Surabaya di masyarakat dilakukan melalui advokasi media, yang mendorong masyarakat Mojo Surabaya menjadi perilaku bijak bermedia, sedangkan Variasi program literasi media KIM Mojo Surabaya meliputi Broadband Learning Center, Dongeng, Vlog dan Game asah otak yang dibuat atas pertimbangan: mengatasi kejenuhan, menarik minat dan menumbuhkan motivasi bermedia masyarakat Mojo Surabaya. Saran bagi pelaku KIM lainnya, memberikan dukungan berupa fasilitas dalam rangka menjadikan masyarakat Surabaya bijak dalam bermedia, alngkah baiknya KIM selain KIM Mojo Surabaya juga menumbuhkan minat bermedia pada anggota dan masyarakat sekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ikfinaini, Arfindiarfindi27@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Organisasi Masyarakat
Uncontrolled Keywords: KIM; Literasi Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 May 2018 03:57
Last Modified: 15 May 2018 03:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25105

Actions (login required)

View Item View Item