Representasi pesan moral Novel Pride and Prejudice dalam perspektif gender: analisis wacana model Sara Mills

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosita, Rosita (2018) Representasi pesan moral Novel Pride and Prejudice dalam perspektif gender: analisis wacana model Sara Mills. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosita_B76214085.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sebuah karya satra, termasuk novel biasanya menggambarkan kehidupan pada saat karya sastra itu ditulis. Karya sastra seperti novel selalu menghadirkan berbagai macam nilai-nilai kehidupan dan nilai-nilai pendidikan seperti nilai moral, sosial, budaya, dan religi yang patut untuk diteladani. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis wacana pendekatan Sara Mills. Yang mana studi ini mencoba mencari pemahaman tentang posisi subjek-objek dan posisi penulis-pembaca dalam teks.Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui paradigma kritis. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dokumentasi dari sumber tertulis. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Posisi subjek-objek dalam novel Pride and Prejudice adalah masing-masing tokoh di dalam novel ini mempunyai kesempatan untuk menampilkan dirinya sendiri, gagasan serta kehadirannya di dalam novel. Posisi pembaca dalam novel Pride and Prejudice ini tidak diabaikan oleh penulis.Pesan moral dalam perspektif gender yang dapat diambil dari novel Pride and Prejudice adalah kita perlu bersungguh-sungguh dan berani untuk meraih hak-hak yang kita miliki sebagai manusia yang kita miliki seperti bagaimana Elizabeth Bennet yang senantiasa menjadi wanita pemberani yang tidak ingin hak-haknya dirampas. Peneliti berharap untuk penelitian selanjutnya dapat menggali lebih dalam mengenai moral yang terdapat dalam tokoh-tokoh novel Pride and Prejudice secara keseluruhan. Peneliti juga berharap untuk penelitian selanjutnya agar dapat menggali pesan moral pada novel Pride and Prejudice dalam perspektif lainnya, seperti pesan moral pada novel Pride and Prejudice dalam perspektif psikologi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosita, Rositaochirosita56@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Gender
Kesusastraan
Uncontrolled Keywords: Pesan Moral; Perspektif Gender; Feminisme; Analisis Wacana Model Sara Mills
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 May 2018 08:51
Last Modified: 15 May 2018 04:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25088

Actions (login required)

View Item View Item