Jaminan masuk surga karena menjaga lisan dan kemaluan: memahami hadis dalam Sunan al-Tirmidhi no.indeks 2408

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istifa'iyah, Muntadhirotul (2018) Jaminan masuk surga karena menjaga lisan dan kemaluan: memahami hadis dalam Sunan al-Tirmidhi no.indeks 2408. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muntadhirotul Istifa'iyah_E05214010.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan Pendekatan bahasa dalam upaya mengetahui kualitas hadis tertuju pada: struktur bahasa, artinya apakah susunan kata dalam matan hadis yang menjadi objek penelitian sesuai dengan kaidah bahasa Arab atau tidak. Dan kata-kata yang terdapat dalam matan hadis yang diteliti, menggunakan kata-kata yang lumrah dipergunakan bangsa arab pada masa Nabi atau menggunakan literature Arab modern. Selanjutnya hadis tersebut harus menggambarkan sabda kenabian, terakhir menelusuri makna kata-kata yang terdapat dalam matan hadis, apakakah makna hadis tersebut ketika diucapkan Nabi sesuai dengan apa yang dipahami oleh pembaca ataupun peneliti.
Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hadis jaminan masuk surga karena menjaga lisan dan kemaluan dalam Sunan al-Tirmidhi no. indeks 2408 berkualitas sahih, dan termasuk kategori maqbul ma’mulun bih sehingga dapat dijadikan hujjah. Berdasarkan pendekatan bahasa, dan didukung dengan syarah-sharah hadistersebut, menjelaskan hadis tersebut mengandung majaz mursal, yang memaksudkan makna lisan kepada ucapan. Yaitu wajibnya sesorang menjaga anggota tubuh dan mempergunaknnya untuk ketaatan kepada Allah. Wajib menjaga lisan agar tidak membicarakan sesuatu yang tidak perlu dan tidak diperkenankan oleh syari‘at. Karena Bencana terbesar yang dapat menimpa diri seseorang terletak pada lidah dan kemaluannya. Oleh karena itu, barang siapa yang dapat menjaga keduanya, berarti ia telah mencegah terjadinya bencana yang sangat besar. Menjauhkan diri dari berbagai macam perbuatan maksiat merupakan sebab seseorang masuk surga. Setelah adanya rahmat dan karunia Allah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istifa'iyah, Muntadhirotulmuntadhirotulistifaiyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Akhirat > Surga
Hadis
Uncontrolled Keywords: Menjaga Lisan; masuk surga
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Istifa'iyah Muntadhirotul
Date Deposited: 14 May 2018 08:55
Last Modified: 14 May 2018 08:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25082

Actions (login required)

View Item View Item