Strategi branding organisasi Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di kampus UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfah, Fanny Berlian (2018) Strategi branding organisasi Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di kampus UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fanny Berlian Ulfah_B76214069.pdf

Download (5MB)

Abstract

Persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini ialah, bagaimana posisi Organisasi Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Kampus UIN Sunan Ampel Surabay dan bagaimana cara mempertahankan eksistensi Organisasi Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya serta respon mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya terhadapnya. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai brand Organisasi Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya, kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan dasar pemikiran Barry Callen, sehingga diperoleh makna yang mendalam tentang brand Organisasi Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa Posisi IMM saat ini dalam tahap berkembang. Meskipun IMM bukanlah organisasi yang dominan di Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya, IMM terbukti memiliki peningkatan yang cukup baik yang dilihat dari segi peningkatan jumlah kader dan inovasi yang telah dilakukan. Peningkatan jumlah kader IMM salah satunya disebabkan oleh peralihan nama Kampus IAIN menjadi UIN Sunan Ampel. Strategi branding yang digunakan dalam organisasi mahasiswa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di kampus UIN Sunan Ampel Surabaya adalah jenis corporate branding. Sebab subjek yang diteliti adalah sebuah organisasi sosial. Strategi branding organisasi mahasiswa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di kampus UIN Sunan Ampel Surabaya lebih mengutamakan brand yang kuat yaitu Ke-Muhammadiyah-an IMM dan lebih memfokuskan pada proses kaderisasi. IMM tidak akan pernah menjadi mayoritas di Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya meskipun peningkatan disetiap tahunnya terjadi oleh sebab itu IMM memfokuskan diri kepada kaderisasi bagaimana pembinaan kader sebaik-baiknya. Untuk respon internal dari anggota IMM Korkom adalah mahasiswa yang tidak tergabung dalam organisasi mahasiswa IMM sebagian besar menegtahui keberadaan IMM di Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya dan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi mahasiswa IMM di Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya memiliki respon yang baik terhadap strategi branding yang dilakukan IMM yang terkait dengan brand positioning, personality, image, DNA, dan brand story yang dimiliki IMM. Kurangnya pemerataan dalam segi brand personality IMM tentang kebiasaan membawa buku dan membaca buku. Hal ini disebabkan beberapa anggota yang tidak memiliki kegemaran membaca buku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfah, Fanny Berlianfannyberlian@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Strategi
Muhammadiyah
Pemasaran
Uncontrolled Keywords: Strategi branding; organisasi; Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 May 2018 07:53
Last Modified: 14 May 2018 07:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25077

Actions (login required)

View Item View Item