Cyber public relations dunia pendidikan: studi tentang implementasi cyber public relations di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitri, Ana Rose (2018) Cyber public relations dunia pendidikan: studi tentang implementasi cyber public relations di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ana Rose Fitri_B76214058.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada skripsi ini persoalan yang akan dikaji mencakup satu empat rumusan masalah, yaitu: Bagaimana Strategi Cyber Public Relations SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, Bagaimana Proses Cyber Public Relations SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, Apa Latar Belakang Implementasi Cyber Public Relations dan Kendala Yang Dialami dalam Pelaksanaan Cyber Public Relations SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretif yang merupakan pendekatan public relations yang dipandang sebagai penjembatan instansi dengan publiknya, dimana melalui public relations, isu-isu dikelola, relasi dengan publik dibangun, dan strategi pencitraan serta aktivitas organisasi direpresentasikan menggunakan mdia online milik instansi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapahal yang melatarbelakangi SMA Muhammadiyah 2 Surabaya menggunakan cyber public relationsdiantaranya yaitu Tuntutan zaman era digital. Eksistensi, bahwa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya tidak kalah dengan para pesaingnya.Dikenal dalam lingkup luas, artinya mampu menjangkau publik hingga nusantara bahkan seluruh penjuru dunia.Kemudahan publisitas karena PR dapat menjadi jurnalis atau wartawan bagi instansi mereka.Sebagai media promosi, dapat membuka jalan dalam meningkatkan income dengan jumlah siswa yang bertambah. Beberapastrategi cyber public relations SMA Muhammadiyah 2 Surabaya diantaranya yaitu menganalisa website secara berkala. Mengenal, mempertegas dan meningkatkan merek, opini dan citra instansi melalui beberapa konten.Menyelesaikan krisis komunikasi dengan media sosial, memanfaatkan penggunaan media sosial dengan kemudahan re-share dan wadah komunikasi dua arah didalamnya.Memilah informasi, tidak mencantumkan informasi seputar biaya pendidikan.Publisitas melibatkan pubklik internal, adalah pelibatan aktif publik internal dalam aktivitas cyber public relations. Proses implementasi cyber public relations SMA Muhammadiyah 2 Surabaya diantaranya yaitu Optimalisasi website dari yang awalnya hanya memiliki menjadi digunakan. Menemukan tenaga ahli maintence website yang menjadi kendala website terabai selama bebera tahun. Optimalisasi media sosial dengan memperbaiki pelayanan publik. Pembentukan komunikasi dua arah antara instansi dengan publiknya.Selanjutnya Aktif membuat karya PR yang merupakan pekerjaaan wajib bagi praktisi PR SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Kendala utama yang dialami SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dalam implementasi cyber public relations terletak pada staf PR yang merangkap pekerjaan lain, tidak fokus pada pekerjaan PR saja. Mereka belum memiliki team khusus untuk PR, hal ini berdampak pada kendala yang bermunculan lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitri, Ana Rosefitrianarose@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Internet
Pendidikan
Pemasaran
Uncontrolled Keywords: Cyber public relations; dunia pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 May 2018 07:24
Last Modified: 14 May 2018 07:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25072

Actions (login required)

View Item View Item