Pengaruh Mindfullness Therapy untuk meningkatkan regulasi emosi santriwati Kelas Isti’dad Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jumaroh, Tri Anita (2018) Pengaruh Mindfullness Therapy untuk meningkatkan regulasi emosi santriwati Kelas Isti’dad Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tri Anita Jumaroh_B53214040.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25071

Abstract

Pada usia remaja madya secara kompetensi remaja sudah mulai mampu memfungsikan aspek kognitifnya setelah dihadapkan pada masa-masa fluktuasi emosional. Salah satu terapi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosi adalah dengan mindfulness therapy.Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk menguji pengaruh mindfulness therapy terhadap peningkatan regulasi emosi. Melalui penelitian ini diharapkan santriwati dapat meningkatkan ketrampilan regulasi emosi sehingga dapat membantu penyesuaian pribadi maupun sosial santriwati di pondok pesantren. Subjek penelitian adalah santriwati kelas isti’dad (persiapan) Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya atau setara dengan kelas 1 Sekolah Menengah Atas (SMA). Kelas isti’dad merupakan kelas yang disiapkan untuk santri baru lulusan Sekolah SLTP/ sederajat yang belum memenuhi kualifikasi lolos dalam seleksi masuk pondok pesantren. Desain penelitian ini adalah desain eksperimen pretest posttest control group dengan kelompok eksperimen dan kontrol masing-masing sebanyak 15 orang. Kelompok eksperimen diberikan pelatihan sebanyak 3 kali pertemuan selama dua minggu dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan terapi. Teknik yang digunakan adalah deep breathing (pernapasan dalam), visual imagery (imajinasi visual) dan self talk (berbicara dengan diri sendiri) secara simultan. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan pemberian kuesioner ERQ (The Emotion Regulation Questionnaire) oleh Gross dan diadaptasi dari Agus Santoso. Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis statistik parametrik uji 2 sampel tidak berpasangan (independen sample t-test). Dasar pengambilan keputusan dalam Independent Sample T-test adalah jika nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dari hasil output diketahui bahwa hasil nilai signifikansi 0,0005. Maka dapat disimpulkan bahwa mindfulness therapy berpengaruh dalam meningkatkan regulasi emosi santriwati kelas Isti’dad Ulya pondok pesantren Assalafi Al-fithrah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jumaroh, Tri Anitatrianita609@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Belajar
Keywords: Mindfulness Therapy; regulasi emosi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 May 2018 06:50
Last Modified: 14 May 2018 06:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25071

Actions (login required)

View Item View Item