Konseling Islam dalam menangani pernikahan beda agama: study etnografi seorang Ibu di Benowo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Sa’adah (2018) Konseling Islam dalam menangani pernikahan beda agama: study etnografi seorang Ibu di Benowo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sa'adah Khoiriyah_B73214079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana menikah beda agama dalam Islam? (2) Apasaja problematika kehidupan keluarga yang beda agama? (3) Bagaimana alternatif penyelesaian permasalahan dalam keluarga yang beda agama? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif etnografi dengan analisis deskriptif-kualitatif, untuk itu dilakukan teknik pengumpulan observasi dan wawancara mendalam. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Dalam penelitian ini penulis memaparkan bahwa pernikahan beda agama tidaklah sah dalam Islam (2) Hasil akhir dari penelitian tersebut ditemukan bahwa pasangan suami istri yang penulis teliti mengalami beberapa problematika yakni mereka mengalami kesusahan untuk melangsungkan pernikahan dan susahnya mendapatkan restu dari orangtua. Tak hanya itu setelah pernikahan terjadi muncul juga beberapa permasalahan yakni kerinduan kesamaan akidah, rapuhnya agama, susah menuju keluarga sakinah, dan presepsi buruk dari masyarakat. (3) Ada beberapa alternatif penyelesaian permasalahan untuk problematika pernikahan beda agama, akan tetapi yang dilakukan oleh pasangan suami istri Doni dan Nindy hanyalah beberapa yakni ketika sudah terlanjur menikah Nindy selalu mendoakan agar suaminya mendapat hidayah selain itu Nindy dan anak-anaknya juga selalu berusaha beribadah dan bertingkahlaku baik didepan Doni agar Doni tertarik untuk memeluk agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Sa’adahsasha.khoiriyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Nikah
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Konseling Islam; pernikahan beda agama; study etnografi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 May 2018 04:35
Last Modified: 14 May 2018 04:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25062

Actions (login required)

View Item View Item