Bimbingan konseling Islam dengan teknik biblioterapi al-Qur’an untuk menangani kecemasan diabetes melitus 1 di Kelurahan Tropodo Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholeha, Dinul Qoyyimah Ma’rifatus (2018) Bimbingan konseling Islam dengan teknik biblioterapi al-Qur’an untuk menangani kecemasan diabetes melitus 1 di Kelurahan Tropodo Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinul Qoyyimah Ma'rifatus Sholeha_B73214049A.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Proses Bimbingan Konseling Islam Dengan Teknik Biblioterapi Al-Qur’an Untuk Menangani Kecemasan Pasien Diabetes Melitus 1 Di Kelurahan Tropodo Waru Sidoarjo? (2) Bagaimana Hasil Akhir Bimbingan Konseling Islam Dengan Teknik Biblioterapi Al-Qur’an Untuk Menangani Kecemasan Pasien Diabetes Melitus 1 Di Kelurahan Tropodo Waru Sidoarjo?. Untuk membahas permasalahan tersebut metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif untuk menangani studi kasus kecemasan pasien diabetes melitus 1 di Kelurahan Tropodo Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan teknik biblioterapi Al-Qur’an sebagai media bahan bacaan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan sebelum dan sesudah proses konseling. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Proses Bimbingan Konseling Islam menggunakan teknik Biblioterapi Al-Qur’an untuk menangani kecemasan pasien diabetes melitus 1. Terdapat 5 langkah proses konseling yang telah dilakukan yaitu: identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, terapi atau treatment Untuk menangani 6 indikator kecemasan sedang yang dialami konseli, dengan lima tahapan yaitu: pemberian motivasi, memberikan waktu yang cukup kepada konseli untuk membaca, inkubasi, tindak lanjut dan evaluasi. Kemudian dilakuakan evaluasi atau follow up. Media bahan bacaan yang digunakan dalam proses terapi ini adalah Ayat Al-Qur’an, terjemahan dan tafsir ibnu katsir dengan pemilihan sesuai permasalahan untuk menyadarkan, merubah pola pikir dan memotivasi konseli. Media bahan bacaannya adalah Qs. Yunus 57, Qs. Yusuf 86, Qs. Fushshilat 30, dan Qs. Al-Hadid 22-23. (2) Hasil dari bimbingan konseling islam dengan teknik biblioterapi Al-Qur’an untuk Menangani Kecemasan Pasien Diabetes Melitus 1 Dapat dikatakan cukup berhasil. Hal ini dapat dilihat dari Perubahan yang dialami konseli sendiri konseli perlahan mampu merubah pola pikir dan perasaan khawatir nya terhadap penyakit yang dialami, perasaan khawatir yang tidak beralasan, khawatir dengan keluarga dan konseli mampu menerima penyakit yang dialami dan bersabar menunggu sesuatu yang diinginkan (kehadiran anak) meskipun dengan waktu yang cukup lama, konseli sekarang tidak mudah menangis dan lebih sering gembira, konseli merasa dirinya lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholeha, Dinul Qoyyimah Ma’rifatusdinulqoyyimahms@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Kesehatan
Kesehatan

Psikologi > Kecemasan
Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Bimbingan konseling Islam; teknik biblioterapi al-Qur’an; kecemasan; diabetes melitus 1
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 May 2018 03:59
Last Modified: 14 May 2018 03:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25057

Actions (login required)

View Item View Item