Pesan dakwah dalam program Maghrib Barokah episode 67 segmen 2 di BBS TV: analisis semiotik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husnah, Elma Miftahul (2018) Pesan dakwah dalam program Maghrib Barokah episode 67 segmen 2 di BBS TV: analisis semiotik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elma Miftahul Husna_B71214037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skipsi ini adalah bagaimana pesan dakwah yang diambil dari program Maghrib Barokah episode 67 segmen 2 di BBS TV?Adapun tujuan penelitian adalah untuk memahami dan mendeskripsikan bagaimana pesan dakwah yang diambil dari program Maghrib Barokah episode 67 segmen 2 di BBS TV. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sehingga data yang diperoleh oleh peneliti akan disajikan dengan cermat secara deskriptif menggunakan kata-kata. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi serta melakukan analisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisissemiotik model Charles Sanders Pierce. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat muatan pesan dakwah berupa syariah dan akhlak. Pesan dakwah yang berupa syariah dan akhlak tersebut adalah Ketika waktu shalat telah tiba, ada seorang ibu yang mengingatkan anaknya untuk segera meninggalkan tempat bermain dan kemudian bergegas untuk mengerjakan shalat. Didalam mengerjakan shalat secara otomatis dapat berhenti dan terhidar dari perbuatan tercela seperti mencela dan juga mengumpat teman-temannya. Jika selesai mengerjakan shalat kemudian melakukn kegiatan positif seperti bekerja, maka Allah akan memberikan rezeki yang berokah. rezeki yang telah diperoleh dinfkahkan dijalan Allah seperti bersedekah kepada orang yang membutuhkan sehingga dapat keluar atau terhindar dari kesulita hidup di dunia dan terhindar dari api neraka huthamah. Adapun rekomendasi untuk penelitian berikutnya hendaknya dilakukan penelitian yang lebih mendalam mengenai pesan dakwah sehingga dapat ditemukan variasi-variasi baru dalam kategori pesan dakwah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husnah, Elma Miftahuladitelma77@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Media Massa
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; analisis semiotik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 May 2018 03:36
Last Modified: 14 May 2018 03:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25056

Actions (login required)

View Item View Item