Pengabdian dan perjuangan KH. Zuhal Kusumo dalam Muhammadiyah Jombang tahun 1938-1965

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusuf, Muhammad (2017) Pengabdian dan perjuangan KH. Zuhal Kusumo dalam Muhammadiyah Jombang tahun 1938-1965. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Yusuf_A32213100.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang di bahas dalam skripsi ini meliputi, (1) bagaimana latar belakang keluarga KH, Zuhal Kusumo; (2) bagaimana sejarah dan perkembangan Muhammadiyah Jombang, dan (3) Apa kontribusi KH. Zuhal Kusumo dalam Muhammadiyah Jombang. Permasalahan-permasalahan tersebut akan penulis teliti dengan menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan Biografis dan Historis. Pendekatan biografis adalah pendekatan dengan rujukan eksplisit terhadap kehidupan, kepribadian dan pengalaman seseorang, atau suatu subjek dengan berbagai latar belakang. Sedangkan pendekatan historis bertujuan untuk menngetahui dan mendiskripsikan asal usul serta perkembangan serta pertumbuhan suatu agama. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kepemimpinan yang diutarakan oleh Max Weber dan teori gerkan sosial (sosial movement) yang di usung oleh Aberle. Sedangkan metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode sejarah yaitu melalui tahapan Heuristik, Kritik sumber, Interpretasi dan Historiografi. Dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) KH. Zuhal Kusumo lahir di kauman Yogyakarta pada tanggal 21 maret 1916. Ia adalah sosok sentral dalam masa perintisan Muhammadiyah Jombang (1938-1965). Ia meninggal pada tanggal 20 November 1975 (2) Latar belakang berdirinya Muhammadiyah Jombang berawal dari keikut sertaan perintis dalam menghadiri pengajian KH. Mas Manshur pada tahun 1924, hingga saat ini Muhammadiyah Jombang tetap konsisten dalam dakwah Islam secara amar ma’ruf nahi munkar serta mengelola dengan baik Cabang dan Ranting beserta amal Usaha Muhammadiyah (3) Pengabdian dan perjuangan KH. Zuhal Kusumo dalam Muhammadiyah Jombang mulai dari mengadakan pengajian, mendirikan cabang dan ranting serta sekolah-sekolah Muhammadiyah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusuf, Muhammadyustunggal@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Sejarah
Keywords: Pengabdian dan perjuangan KH. Zuhal Kusumo; Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 May 2018 02:37
Last Modified: 14 May 2018 02:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25054

Actions (login required)

View Item View Item