Dampak media sosial terhadap perilaku keagamaan: studi kasus 7 mahasiswa jurusan studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khosyatillah, Alfin (2018) Dampak media sosial terhadap perilaku keagamaan: studi kasus 7 mahasiswa jurusan studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfin Khosyatillah_E82214032.pdf

Download (4MB)

Abstract

Alfin Khosyatillah E82214032, “Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Keagamaan Mahasiswa Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat Uin Sunan Ampel Surabaya”. Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif guna bisa menggambarkan apa saja serta bagaimana dampak adanya media sosial terhadap perilaku keagamaan mahasiswa. Peneliti memilih untuk mengangkat tema ini karena hampir semua atau bisa dikatakan semua mahasiswa Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Uin Sunan Ampel Surabaya memiliki media sosial yang bisa diakses kapan pun dan dimanapun saja. Tujuan penelitian ini sendiri merupakan untuk mengetahui bagaimana dampak yang ditimbulkan media sosial terhadap perilaku keagamaan mahasiswa Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Uin Sunan Ampel Surabaya. Media sosial sendiri memberikan banyak variasi baru dalam berhubungan sosial dimana setiap orang jika ingin berinteraksi tidak perlu ketemu langsung. Akan tetapi, faktanya setiap perkembangan teknologi memiliki dampak positif serta negatif terutama terhadap perilaku keagamaan. Setelah melakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku memiliki 3 bentuk operasioanl yaitu pengetahuan, sikap, serta tindakan dari bagaimana perilaku yang ditimbulkan akibat penggunaan media sosial yang memiliki dampak positif bagi yang bisa memanfaatkan dengan baik akan tetapi sebaliknya akan berdampak negatif jika seorang yang menggunakannya dengan hal-hal yang sia-sia tidak berguna. Dikutip dari 2 informan mahasiswa studi agama-agama mengakui bahwa media sosial merupakan sebuah candu karena dia sendiri kurang bisa membatasi diri dalam penggunaannya. Sedangkan di sisi lain media sosial juga membawa pengaruh yang positif seperti dengan media sosial bisa meningkatkan serta menambah motivasi terhadap tindakan keagamaan mahasiswa Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Uin Sunan Ampel Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khosyatillah, Alfinkhosyatillah.alfin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Pluralisme
Perilaku
Uncontrolled Keywords: Perilaku keagamaan; media sosial; mahasiswa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Khosyatillah Alfin
Date Deposited: 11 May 2018 04:13
Last Modified: 11 May 2018 04:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25022

Actions (login required)

View Item View Item