Salat Tasbih dalam hadis Abu Dawud (No. Indeks 1297 studi kehujjah-an)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Alfi Nur (2018) Salat Tasbih dalam hadis Abu Dawud (No. Indeks 1297 studi kehujjah-an). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Alfi Nur Faizah_E95214023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang timbul ditengah-tengah masyarakat dalam memahami hadis Nabi Saw sebagai sumber pokok Islam kedua memang perlu penafsiran, karena hukum atau perintah yang terkandung didalamnya masih memerlukan pemahaman yang lebih karena pada beberapa kasus hadis Nabi Saw saling bertentangan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kualitas dan kehujjahan dalam sanad dan matan hadis, serta pemaknaan dan juga implikasi hadis tentang salat tasbih. Dan salat tasbih merupakan salah satu cara yang diajarkan oleh Rasulullah kepada umatnya untuk selalu bertasbih kepada Allah. Adapun Rasulullah Saw telah memberikan gambaran tentang salat tasbih dan cara melakukannya, sehingga salat tasbih memiliki keistimewaan dapat mengahapus dosa yang terdahulu dan yang sekarang, dosa yang ringan dan dosa yang paling berat. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitataif yang datanya bersumber dari kepustakaan (Library research) dan pengumpulan data diperoleh dengan meneliti kitab Abu Dawud serta dibantu dengan kitab standart lainnya. Kemudian dianalisa dengan menggunakan metode takhrij, kritik sanad, dan kritik matan. Adapun kesimpulan dari hadis riwayat Sunan Abu Da>wud ini berkualitas S}ah}i>h karena hadis tersebut tidak bertentangan dengan riwayat yang lebih s}ah}i>h, jadi hadis yang diriwayatkan Abu Da>wud berstatus s}ahih lidh>tihi dan dapat dijadikan hujjah. Salat tasbih dilakukan dengan keadaan yang khusuk, karena seseorang yang melakukan salat tasbih akan kemasukan energi positif. Ketika sujud darah akan masuk keotak serta berfungsi optimal dan posisi jantung akan menjadi lebih tinggi dari pada otak, maka darah akan turun kebagian ini. Dan seseorang yang melakukan sujud lebih lama darah akan mengalir keotak serta menerima aliran darah sehingga seseorang yang melakukannya bisa menjadikan fikiran lebih tenang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Alfi Nurnurfaizah_alfi@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Ibadah
Hadis
Uncontrolled Keywords: Salat Tasbih; Hadis Abu Dawud
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Faizah Alfi Nur _ E95214023
Date Deposited: 11 May 2018 06:35
Last Modified: 30 Jul 2018 06:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25015

Actions (login required)

View Item View Item