Persetujuan nikah bagi perempuan: analisis hadis Sunan Abi Dawud no indeks 2092 dengan pendekatan sosiologis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Miskiyyah, Niswatul (2018) Persetujuan nikah bagi perempuan: analisis hadis Sunan Abi Dawud no indeks 2092 dengan pendekatan sosiologis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Niswatul Miskiyyah_E95214036.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kitab sunan Abi Dawud merupakan salah satu kitab dari Kutub al Sittah para muh}addithin. Kitab Sunan Abi Dawud memberikan manfaat dalam kajian fiqh, dimana sistematika penyusunan kitab disesuaikan dengan sistematika kitab fiqh pada umumnya.Didalam kitab Sunan Abi Dawud dipaparkan beberapa pembahasan tentang pernikahan, salah satu diantaranya adalah hadis tentang persetujuan nikah bagi perempuan. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research). Untuk mendapatkan hal tersebut, penulis mengumpulkan data hadis dengan cara takhrij yang diperoleh melalui kitab Mu‘jam al Mufahras terdapat dalam kitab Shahih al Bukhari dan Shahih Muslim serta menggunakan kitab-kitab penunjang lain. Kemudian dilakukan analisa dengan melakukan langkah-langkah kritik sanad dan matan terhadap hadis yang diteliti dengan melakukan i`tibar dengan mengumpulkan sanad-sanad dari jalur yang lain agar diketahui Shahid dan muttabi`nya.Hasil dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa hadis tersebut berkualitas shahih lidhatih, dan hadis tersebut juga didukung oleh beberapa hadis yang dapat menguatkan matannya. Pemaknaan dari hadis tentang persetujuan nikah bagi perempuan dilakukan dengan pendekatan sosiologi yang meminjam teori sosio-historis, teori perubahan sosial, serta teori gender untuk mendapatkan interpretasi pemaknaan yang sesuai dengan keadaan sosial pada saat ini.Dengan demikian perunahan sosial yang terjadi mempengaruhi perubahan pemaknaan hadis. Begitupula dengan teori gender yang memaparkan bahwa perempuan berhak berpartisi pasi dalam memutuskan masa depannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Miskiyyah, Niswatulniswahmisky@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Nikah
Pemberdayaan > Perempuan
Sosiologi
Uncontrolled Keywords: Perempuan; sosiologis; Sunan Abi Dawud
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Miskiyyah Niswatul
Date Deposited: 11 May 2018 03:08
Last Modified: 11 May 2018 03:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24991

Actions (login required)

View Item View Item