Air zam-zam dalam hadis Ibn Majah no. indeks 3053

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Devi Siti Nur (2018) Air zam-zam dalam hadis Ibn Majah no. indeks 3053. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Devi Siti Nur Jannah_E95214025.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Maau zamzamu limaa suribalahu merupakan isi hadis yang akan dibahas, yang mana Air zam-zam memiliki khasiat sesuai dengan tujuan yang meminumnya. Jika seseorang meminum dengan tujuan menghilangkan penyakit maka Allah akan menghilangkannya, jika seseorang meminum dengan tujuan menghilangkan dahaga maka Allah akan menghilangkannya, jika seseorang meminumnya dengan tujuan menghilangkan rasa lapar maka Allah akan menghilangkannya dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas dan kehujjahan dalam sanad dan matan hadis, serta pemaknaan dan implikasi hadis tentang air zam-zam. Dan oleh karena itu dilakukan penelitian berdasarkan teori-teori dalam ilmu hadis agar mencapai pemahaman yang komprehensif. Penulis menggunakan metode kepustakaan (library research) dalam penelitiannya, dengan tujuan agar memperoleh data yang baik. Dan penulis juga mengumpulkan data hadis menggunakan tahrij al-hadith, yang kemudian dilakukan analisa dengan melakukan beberapa langkah kritik sanad dan matan terhadap hadis yang diteliti dengan melakukan i’tibar agar mengetahui shahid dan mutabi’ serta melakukan pengumpulan sanad dari jalur lain.Dan hasil dari penelitian ini adalah bahwa hadis tersebut awalnya berstatus daif karena terdapat salah satu perawi yang dinilai daif oleh para kritikus yaitu Abdullah ibn al-Muammal, akan tetapi karena adanya penguat dari hadis lain yaitu melalui jalur Imam Ahmad yang mana terdapat muttabi’ dan juga adanya sahid dari jalur Imam al-Daraqutni, sehingga menjadikan status hadis dari air zam-zam yang awalnya daif menjadi hasan li ghairih dan sanadnya bersambung sampai kepada Rasulullah. Air zam-zam memiliki banyak khasiat apabila dihubungkan dengan medis, yang mana dapat menyembuhkan penyakit, karena telah ditemukan penelitian oleh seorang ilmuan yaitu Dr. Zaghul al-Najjar bahwa air zam-zam mengandung beberapa unsur kimia yaitu terdapat ion positif dan juga negatif. Adapun ion positif yang terkandung dalam air zam-zam adalah sodium, kalsium, potasium, dan magnesium, sedangkan dalam ion negatif adalah sulfur, bikarbonat, nitrat, fosfat, dan amonia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Devi Siti Nurdevisiti.nurjannah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Uncontrolled Keywords: Air zam-zam; pendekatan medis; Sunan Ibn Majah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Jannah Devi Siti Nur
Date Deposited: 11 May 2018 03:09
Last Modified: 30 Jul 2018 06:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24989

Actions (login required)

View Item View Item