Pemenuhan kewajiban istri penyandang cacat mental prespektif hukum Islam: studi kasus di Kelurahan Jemurwonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Balqiyah, Nilna Izil (2018) Pemenuhan kewajiban istri penyandang cacat mental prespektif hukum Islam: studi kasus di Kelurahan Jemurwonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nilna Izil Balqiyah_C71214088.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) untuk menjawab pertanyaan mengenai Bagaimana pemenuhan kewajiban sebagai istri oleh penyandang cacat mental?. Bagaimana pemenuhan kewajiban sebagai istri oleh penyandang cacat mental prespektif hukum Islam? Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, pemenuhan kewajiban istri penyandang cacat mental sebenarnya tidak sempurna jika harus di sesuaikan dengan pemenuhan kewajiban istri secara normal. Karena dapat disebut orang yang terkena beban hukum dan di bawah pengampuan. Tetapi karena ia adalah penyandang cacat mental ringan yang termasuk dalam cacat mental yang dapat di didik. Tidak terjadi banyaknya ke sulitan yang berarti, meskipun tugas rumah tangga yang seharusnya menjadi kewajiban istri tidak dapat terpenuhi dengan baik dan harus persetujuan walinya. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka ada beberapa saran yang perlu dicantumkan, adalah kepada wali dan saudara sebagaimana penanggung jawab mutlak atas perkawinan yang dilakukan oleh peyandang cacat mental. Hendaknya lebih di tingkatkan dalam mendidik dan membina penyandang cacat mental sehingga nantinya keluarga yang dibangun bisa menjadi keluarga yang sejahtera.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Balqiyah, Nilna Izilnilna.izzil@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Cacat - Tunarungu
Keywords: Kewajiban isteri; Penyandang cacat mental; tugas isteri
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Izil B Nilna
Date Deposited: 15 May 2018 04:30
Last Modified: 15 Mar 2019 06:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24988

Actions (login required)

View Item View Item