Eksistensi BPJS dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan di Desa Jeruk Gamping Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hermawan, Pandu (2018) Eksistensi BPJS dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan di Desa Jeruk Gamping Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Pandu Hermawan_I73214039.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Eksistensi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan Bagaimana pandangan masyarakat tentang keberadaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di Desa Jeruk Gamping Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Dengan tujuan untuk mengetahui Eksistensi Badan Penyelenggara Jamianan Sosial dan untuk mengetahui pandangan masyarakat tentang keberadaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di Desa Jeruk Gamping Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah Kesadaran Kolektif Emile Durkheim untuk melihat Bagaimana kesadaran masyarakat tentang kesehatan. Dari hasil penelitian ini ada 2 (dua) temuan penelitian: Pertama, Eksistensi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial mampu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan karena adanya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial masyarakat jauh lebih mengetahui di bidang kesehatan karena program kesehatan yang diberikan terhadap masyarakat tentang kesehatan membawa manfaat untuk kesehatan masyarakat. Kedua, dengan adanya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial masyarakat semakin terbangun kesadaran tentang kesehatan karena program yang dibentuk oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial memberi asupan terhadap masyarakat dalam membentuk keseadaran masyarakat bersama sama dalam melakukan pola hidup yang lebih sehat dan kesadaran kesehatan masyarakat semakin terbentuk dan meningkat. Dan pandangan masyarakat tentang keberadaan BPJS banyak yang menganggap BPJS menjadi tumpuhan jaminan kesehatan satu-satunya bagi masyarakat kurang mampu karena dapat menjangkau secara luas dan banyak manfaat yang diperoleh sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hermawan, Pandupanduhermawan37@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Pemberdayaan
Uncontrolled Keywords: BPJS; kesadaran masyarakat; kesehatan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Hermawan Pandu
Date Deposited: 17 May 2018 06:27
Last Modified: 17 May 2018 06:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24969

Actions (login required)

View Item View Item