Tinjauan hukum Islam dan undang-undang No. 8 pasal 8 ayat 2 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap jual beli sayur di Pasar Soponyono Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shafira, Diah Sarah (2018) Tinjauan hukum Islam dan undang-undang No. 8 pasal 8 ayat 2 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap jual beli sayur di Pasar Soponyono Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Diah Sarah Shafira_C72214070.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Didalam praktik jual beli sayuran rusak, cacat dan busuk di Pasar Soponyono Surabaya bahwasanya pedagang berbuat curang terhadap para pembeli dengan menawarkan dengan harga yang murah dengan kualitas sayur yang buruk serta terkadang menyelusupkan sayuran rusak diantara sayuran bagus tersebut kedalam kantong belanjaan para pembeli yang lengah dan tidak cermat dalam berbelanja. Menurut hukum Islam bahan pangan yang akan dikonsumsi ini sudah tidak sesuai dengan aturan Islam sebab makanan tersebut sudah tidak halalan tayyiban karena makanan yang hala pun bisa jadi haram untuk dimaan karena adanya unsur penipuan dalam jual beli dan menimbulkan darar atau bahaya bagi tubuh manusia. Menurut undang-undang perlindungan konsumen nomor 8 pasal 8 ayat 2 tahun 1999, kasus jual beli seperti ini sangat merugikan bagi konsumen sebagai end user (pengguna terakhir) sedangkan dalam pasal 7 huruf (d) sudah menerangkan kewajiban para pelaku usaha serta memperdagangkan barang dagangan jual terdapat dalam pasal 8 ayat 2. Sejalan dengan uraian diatas, sebaiknya pedagang bersikap lebih jujur agar tidak merugikan pembeli. Karena dengan mengonsumsi makanan yang sesuai dengan syariat Islam akan memunculkan suatu hal yang baik pula.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shafira, Diah SarahSarahShafiira@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Perlindungan Konsumen
Uncontrolled Keywords: Undang-undang No. 8 pasal 8 ayat 2 tahun 1999; Perlindungan konsumen; Jual beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Shafira Diah Sarah
Date Deposited: 11 May 2018 08:20
Last Modified: 11 May 2018 08:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24968

Actions (login required)

View Item View Item