Perilaku Dramaturgi pekerja purel karaoke yang berstatus mahasiswa di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Efendi, Yanuar Nur (2018) Perilaku Dramaturgi pekerja purel karaoke yang berstatus mahasiswa di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Yanuar Nur Efendi_I93214054.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana latar belakang mahasiswa yang bekerja sebagai purel ditempat karaoke Surabaya dan 2.Bagaimana kehidupan frontstage dan backstage pekerja purel karaoke yang berstatus mahasiswa di kota Surabaya sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana perilaku dramaturgi pekerja purel karaoke yang berstatus mahasiswa di kota Surabaya. Untuk menjawab pertanyaan di atas menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Teori yang di gunakan untuk melihat fenomena yang terjadi pada Perilaku Dramaturgi Pekerja Purel Karaoke yang Berstatus Mahasiswa di Kota Surabaya adalah teori Dramaturgi tinjauan Erving Goffman.Maka dari itu penelitian tersebut dapat di peroleh beberapa kesimpulan bahwa: (1) Faktor ekonomi,keluarga,dan lingkungan sangat berperan penting terhadap timbulnya atau yang melatar belakangi mahasiswa menjadi purel dikarenakan adanya dorongan akan kebutuhan ekonomi maka salah satunya adalah dengan cara menawarkan diri sebagai pekerja purel yang didalam tempat kerjanya terdapat protistusi terselubung.(2) Panggung depan pekerja purel tidak semua yang berani menunjukan keasliaanya di depan publik seperti yang di jelaskan oleh informan bahwa dalam kehidupan kerja mereka akan menyembunyikan status mahasiswa sebagai panggung belakang mereka ketika berada di tempat karaoke sebagai pekerja purel begitu juga sebaliknya disaat mereka menjalani aktifitasnya sebagai seorang mahasiswa maka panggung depan mereka adalah menjadi peran mahasiswa di lingkungan nya namun peran sebagai purel dijadikan sebagai panggung belakang nya yang tidak ingin diketahui oleh lingkungan sekitar (3)Panggung belakang (back stage) benar-benar memainkan sebuah peran yang utuh/sesungguhnya,memang benar bahwasanya pekerja purel di tempat karaoke semakin banyak bermunculan akibat adanya permainan peran yang dilakukan oleh mereka jadi di manakah panggung belakang yang mereka perankan. Panggung belakang yang mereka perankan adalah ketika mereka menunjukkan sifat aslinya atau ketersediaan mereka untuk terbuka terkait profesinya sebagai pekerja purel dan sebagai pemegang status mahasiswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Efendi, Yanuar Nurnuryayan@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Kenakalan Anak dan Remaja
Keywords: Perilaku; Dramaturgi; Pekerja Purel Karaoke; Mahasiswa
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Effendi Yanuar Nur
Date Deposited: 11 May 2018 09:16
Last Modified: 11 May 2018 09:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24965

Actions (login required)

View Item View Item