Pemikiran Imam Abu Hamid al-Ghazali tentang alat musik dan hukum jual belinya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Nur (2018) Pemikiran Imam Abu Hamid al-Ghazali tentang alat musik dan hukum jual belinya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Aini_C022214022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pemikiran Imam Abu Hamid Al-Ghazali Tentang Alat Musik dan Hukum Jual Belinya” merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana hukum alat musik dan jual belinya menurut Imam Abu Hamid al-Ghazali? dan bagaimana analisis pemikiran Imam Abu Hamid al-Ghazali terhadap alat musik dan jual belinya?. Data penelitian ini dihimpun melalui studi dokumen dan literatur yang ada berdasarkan masalah yang diteliti. Data-data tersebut kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif analisis dengan pola pikir induktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: pertama, Imam Abu Hamid al-Ghazali membolehkan pemakaian dan jual beli alat musik, karena tidak ada ayat Alquran dan hadis yang secara tegas melarangnya, kecuali pemakaian dan penjualbelian seruling dan gitar yang digunakan dalam kemaksiatan. Hal ini berarti pelarangan tersebut bukan didasarkan pada keindahan suara yang timbul dari kedua alat musik tersebut; kedua, Pemikiran Imam Abu Hamid al-Ghazali tentang alat musik dan hukum jual belinya tersebut sesuai dengan syari’ah karena berdasarkan ayat Alquran dan hadis yang kuat. Begitu juga mengenai keharaman pemakaian serta jual beli seruling dan gitar yang bergantung pada illatnya (digunakan untuk kemaksiatan) juga sejalan dengan syari’ah karena sesungguhnya semua suara tidak diharamkan termasuk suara yang indah. Sejalan kesimpulan di atas, maka sebaiknya dalam kitab karangan Imam Abu Hamid al-Ghazali itu lebih memfokuskan ke pendapatnya sendiri bukan bercampur aduk dengan pendapat para ulama’ lain serta memberikan perbedaan antara pendapatnya dengan yang lain agar lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Nurmerpatiputih408@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Musik
Keywords: Alat Musik; Imam Abu Hamid al-Ghazali; Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aini Nur
Date Deposited: 11 May 2018 03:52
Last Modified: 11 May 2018 03:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24960

Actions (login required)

View Item View Item