Tinjauan fiqih muamalah terhadap implementasi tabungan mudlarabah di BMT NU Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Razanah, Tharra (2018) Tinjauan fiqih muamalah terhadap implementasi tabungan mudlarabah di BMT NU Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Tharra Razanah_C92214160.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana Implementasi Tabungan Mudlarabah di BMT NU Jombang? Bagaimana Tinjauan Fiqih Mu’amalah Terhadap Implementasi Tabungan Mudlarabah di BMT NU Jombang? Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, wawancara (interview).Selanjutnya data disusun dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis, yakni pendekatan yang diperoleh melalui pengamatan dari fenomena atau fakta-fakta yang ada di lapangan untuk menggali dan mendapatkan data tentang implementasi Tabungan Mudlarabah di BMT NU Jombang dan kemudian disajikan dalam bentuk uraian naratif.Dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Tabungan Mud}a>rabah yang ada di BMT NU Jombang sudah sesuai syari’at akan tetapi transaksi kurang memenuhi persyaratan yang sudah diatur dalam Fatwa DSN No.02/DSN-MUI Tentang Tabungan serta tidak memenuhi standart konsep Tabungan Mudlarabah pada perbankan syari’ah. Dalam dunia perbankan tabungan menggunaan akad mudlarabah memang diperbolehan akan tetapi ada beberapa hal yang tidak dipenuhi yakni tidak dituangkannyajumlah nisbah yang akan diperoleh oleh nasabah di surat perjanjian mudlarabah pada saat pembukaan rekening serta terjadinya saldo negatif yang disebabkan oleh pengambilan uang saldo tabungan untuk menutupi cicilan pembayaran pembiyaan yang dimiliki nasabah yang telat membayar saat jatuh tempo yang mana hal seperti ini tidak diperbolehkan karena akan menyebabkan kerugian pada salah satu pihak yakni disini yang dirugikan adalah pihakBMT NU Jombang.Pada akhir penulisan skripsi ini, penulis menyarankan agar pihak BMT NU Jombang memperbaiki praktik dan bentuk surat perjanjian mudlarabah karena dalam suatu transaksi muamalah sah atau tidaknya tergantung pada benar atau tidaknya akad awal tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Razanah, Tharratharra.razanah08@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Mudarabah
Fikih
Keywords: Mudlarabah; fiqih muamalah; tabungan BMT NU
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Razanah Tharra
Date Deposited: 11 May 2018 03:51
Last Modified: 11 May 2018 03:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24940

Actions (login required)

View Item View Item