Citra diri dalam bingkai media televisi: studi fenomenologi pada news presenter dan news anchor di TV9 Nusantara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizky, Fitri Yuninda Miftachul (2018) Citra diri dalam bingkai media televisi: studi fenomenologi pada news presenter dan news anchor di TV9 Nusantara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fitria Yuninda Miftachul Rizky_B76214070.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat fokus penelitian yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) bagaimana news presenter dan news anchor memahami citra dirinya di media televisi serta (2) bagaimana news presenter dan news anchor mempersiapkan penampilan citra dirinya sebelum membawakan program berita (back stage region) dan saat membawakan program berita (front stage region). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pemahaman news presenter dan news anchorakan citra diri profesinya yang bekerja di depan layar kamera, dan (2) untuk mengetahui persiapan apa saja yang dilakukan news presenter dan news anchoruntuk mempersiapkan penampilan citra dirinya sebelum membawakan berita (back stage region) serta saat membawakan program berita (front stage region). Untuk menjaga fokus penelitian tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif yang diharapkan mampu menyelidiki lebih mendalam terhadap fokus yang diamati dengan seksama mengenai citra diri seorang news presenter dan news anchorTV9 Nusantara dan panggung depan dan panggung belakang yang dilakukan news presenter dan news anchor, kemudian data tersebut dianalisis dengan pendekatan fenomenologi yang dapat mengungkapkan hasil dari suatu penelitian dari pengalaman sehari-hari. News presenter dan news anchor menjalani profesinya dengan di dalamnya terdapat teori fenomenologi dan teori dramaturgi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa, (1) news presenter dan news anchormemahami profesinya sebagai jurnalis yang bermaslahat karena pengaruh dari taglineTV9 Nusantara, (2) news presenter dan news anchormelakukan panggung depan dan panggung belakang untuk mendukung citra dirinya sebagai jurnalis yang bermaslahat di depan pemirsa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizky, Fitri Yuninda Miftachulyunindafitria@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Media Massa
Perilaku
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Citra diri; fenomenologi; dramaturgi; TV9 Nusantara
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 May 2018 05:57
Last Modified: 09 May 2018 05:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24925

Actions (login required)

View Item View Item