Analisis hukum Islam terhadap proses perjodohan dan kriteria kafa’ah dalam perkawinan anggota LDII: studi kasus di Desa Medaeng Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhri, Sarifudin (2018) Analisis hukum Islam terhadap proses perjodohan dan kriteria kafa’ah dalam perkawinan anggota LDII: studi kasus di Desa Medaeng Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sarifudin Zuhri_C01214036.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini adalah penelitian lapangan mengenai analisis hukum Islam terhadap proses perjodohan dan kriteria kafa’ah dalam perkawinan anggota LDII di Desa Medaeng Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai. Pertama, bagaimana proses perjodohan dalam sistem perkawinan anggota LDII di Desa Medaeng Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Kedua, bagaimana penerapan konsep kafa’ah dalam perkawinan anggota LDII di Desa Medaeng Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Ketiga, bagaimana analisa mas{lahah terhadap proses perjodohan dan konsep kafa’ah dalam perkawinan anggota LDII di Desa Medaeng Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Data penelitian ini diperoleh dari LDII Desa Medaeng Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo yang menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik deskriptif verikatif dengan pola pikir deduktif. Dalam hal ini kemudian teori mas{lahah diverifikasikan kepada data yang bersifat umum, dalam hal ini ialah perjodohan dan kriteria kafa’ah dalam anggota LDII Medaeng. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perjodohan dan kriteria kafa@’ah dalam anggota LDII yang lebih condong pada sesama anggota atau golongan. Boleh saja melakukan perkawinan model seperti itu selama bertujuan untuk kemaslahatan dan menolak kemadharatan. Karena tujuan dari agama Islam ialah kemaslahatan umat. Dan selama proses perjodohan itu tidak bertentangan dengan syariat agama maka boleh untuk dilakukan. Sejalan dengan kesimpulan di atas sarang yang perludisampaikan ialah supaya anggota LDII Medaeng lebih mengutamakan kafa’ah dalam perkawinan. Serta khususnya pada anggota LDII supaya lebih terbuka dalam memahami kafa’ah karena yang dimaksud olaeh Islam kafa’ah agama ialah agama Islam secara keseluruhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhri, Sarifudinzuhry93@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Organisasi Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Proses perjodohan; Kriteria kafa’ah; Perkawinan; LDII
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Zuhri Sarifudin
Date Deposited: 09 May 2018 08:01
Last Modified: 09 May 2018 08:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24924

Actions (login required)

View Item View Item