Manfaat Katak dalam sistem kosmos: kajian Ma’ani Al Hadith dalam Sunan Abi Dawud no. Indeks 3871 dengan pendekatan sains

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tsaqofi, Muhammad Harir Ats (2018) Manfaat Katak dalam sistem kosmos: kajian Ma’ani Al Hadith dalam Sunan Abi Dawud no. Indeks 3871 dengan pendekatan sains. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Harir Ats Tsaqofi_E95214033.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kitab Sunan Abi> Da>wud merupakan salah satu kitab hadis dalam jajaran kutub al-sittah Kalangan Muh{addithi>n menyebut Sunan al-Tirmidhi>, Sunan Abi> Dawud, Sunan al-Nasa>’i>, Sunan Ibn Ma>jah dengan al-Sunan al-Arba‘ah (empat sunan). Kitab Abi> D>a>wud ini sangat bermanfaat dalam masalah Fiqh. Kitab abi> Da>wud merupakan kitab yang tersusun dari bab-bab Fiqh. Dalam kitab Abi> Da>wud terdapat hadis tentang larangan membunuh katak, dari hadis tersebut peneliti ingin menganalisa hadis tersebut. akan tetap penulis ingin mengunakan pendekatan sains untuk mengetahui makna hadis tersebut. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research). Untuk mewujudkan tujuan tersebut, penulis mengumpulkan data hadis dengan cara takhri>j yang diperoleh dari berberapa kitab hadis. Kemudian dilakukan analisa dengan melakukan langkah-langkah kritik sanad dan matan terhadap hadis yang diteliti dengan melakukan i`tiba>r dengan mengumpulkan sanad-sanad dari jalur yang lain agar diketahui muttabi` dan syahid-nya. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa hadis tersebut berkualitas Sh}ahih}. Hadis tentang larangan membunuh katak merupakan hadis penguat tentang haramnya memakan katak. Pemaknaan dari hadis tentang larangan membunuh katak dengan pendekatan Sains dapat dijelaskan bahwa katak mempunyai banyak manfaat. Sebagai penyeimbang ekosistem dan sebagai indikator kesuburan tanah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tsaqofi, Muhammad Harir Atsharirats29@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Abi Dawud; Katak; Sains
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Ats Tsaqofi M Harir
Date Deposited: 11 May 2018 09:30
Last Modified: 11 May 2018 09:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24920

Actions (login required)

View Item View Item