Analisis maqāṣīd al-Sharī’ah terhadap partisipasi suami dalam vasektomi di Kabupaten Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lucky, Windya Mawarni (2018) Analisis maqāṣīd al-Sharī’ah terhadap partisipasi suami dalam vasektomi di Kabupaten Ngawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lucky windya mawarni_C91214107.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian dengan judul “Analisis Maqāṣīd al-Sharī’ah Terhadap Partisipasi Suami dalam Vasektomi di Kabupaten Ngawi”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan yaitu, 1. Bagaimana partisipasi suami dalam vasektomi di Kabupaten Ngawi? Dan 2. Bagaimana Analisis Maqāṣīd al-Sharī’ah terhadap partisipasi suami dalam vasektomi di Kabupaten Ngawi?. Dalam penelitian pustaka ini, pengumpulan data dilakukan oleh penulis melalui teknik dokumenter. Yakni menghimpun data yang merujuk langsung pada obyek penelitian. Melalui dokumentasi ini, peneliti menggunakan penelaan bacaan yang sesuai dengan objek penelitian yakni pengertian Vasektomi secara umum, dan sebagai pengayaan data dilakukan tekhnik wawancara mengenai sosialisasi Vasektomi oleh DP3AKB Kabupaten Ngawi. Hasil Penelitian menyebutkan bahwa bentuk partisipasi suami dalam KB dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Partisipasi suami secara langsung (sebagai peserta KB) adalah suami menggunakan salah satu cara atau metode kontrasepsi, seperti kondom, Vasektomi (kontap pria), serta KB alamiah yang melibatkan suami seperti metode kontrasepsi dengan metode senggama terputus dan metode pantang berkala. Sedangkan keterlibatan suami secara tidak langsung misalnya pria memiliki sikap yang lebih positif dan membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan sikap dan partisipasi, serta pengetahuan yang dimilikinya. Karena itu, skripsi yang disusun penulis yang dengan tema partisipasi suami dalam vasektomi di Kabupaten Ngawi sebagai acuan kepada seluruh masyarakat untuk mempertimbangkan dalam program KB.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lucky, Windya Mawarniluckywindya@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Keluarga Berencana
Keywords: Maqāṣīd al-Sharī’ah; Partisipasi suami; Vasektomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Lucky Windya Mawarni
Date Deposited: 11 May 2018 07:00
Last Modified: 11 May 2018 07:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24914

Actions (login required)

View Item View Item