Teknik Modelling sebagai upaya penanganan untuk mengurangi perilaku Adiktif Smartphone pada anak di Kelurahan Teritip Kota Balikpapan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munir, Ahmad (2018) Teknik Modelling sebagai upaya penanganan untuk mengurangi perilaku Adiktif Smartphone pada anak di Kelurahan Teritip Kota Balikpapan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Munir_B53214013.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses konseling dengan teknik modelling sebagai upaya penanganan untuk mengurangi perilaku adiktif Smartphone pada anak di kelurahan Teritip, kota Balikpapan? (2) Bagaimana hasil akhir proses konseling dengan teknik modelling sebagai upaya penanganan untuk mengurangi perilaku adiktif Smartphone pada anak di kelurahan Teritip, kota Balikpapan? Untuk membahas permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif mengupas studi kasus seorang anak usia sekolah dasar di kelurahan Teritip, kota Balikpapam. Penelitian kualitatif menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan orang- orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini menggunakan teknik modelling dengan jenis live model (model langsung) dan untuk penguatanya ditambang dengan symbolic model untuk mengatasi kecanduan Smartphone. Peneliti meminta seseorang sebagai model agar konseli dapat meniru tingkah laku yang dicontohkan. Analisa data menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan sebelum dan sesudah proses bimbingan dan konseling dengan teknik modelling untuk mengurangi kecanduan terhadap Smartphone. Dalam penelitian ini, proses konseling yang terjadi menggunakan terapi behavior dengan teknik modelling. Melalui pendekatan ini, klien diharapkan dapat mengubah perilakunya yang terjadi pada saat mempunyai perilaku adiktif. Adapun langkah-langkahnya yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment/terapi dan follow up/evaluasi dengan teknik modelling yaitu menggunakan model yang kemudian konseli mengadaptasi perilaku dari model tersebut. Hasil akhir dari proses konseling dengan teknik modelling dalam penelitian ini cukup berhasil, hasil tersebut dapat terlihat dari adanya perubahan pada sikap dan perilaku klien yang sebelumnya menjadi pecandu terhadap Smartphone lalu sekarang menjadi seseorang yang lebih bisa mengendalikan nafsunya untuk menggunakan Smartphone dan mengisi wakktu luangnya dengan kegiatan yang lebih positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munir, Ahmadahmadmunir881@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Pendidikan > Metode
Perilaku
Keywords: Teknik modelling; perilaku adiktif; smartphone
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 May 2018 04:52
Last Modified: 21 Aug 2018 03:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24907

Actions (login required)

View Item View Item