Sejarah perkembangan yayasan al-Ashar Rungkut Kidul Surabaya (1981-2016)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mauladana, Nisful Laili (2018) Sejarah perkembangan yayasan al-Ashar Rungkut Kidul Surabaya (1981-2016). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nisful Laili Mauladana_A02213072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan beberapa masalah antara lain: (1)Bagaimana sejarah berdirinya yayasan Al-ashar? (2)Bagaimana perkembangan yayasan Al-ashar 1981-2016? (3)Apa kontribusi yayasan Al-ashar terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat? Skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari lima tahap yaitu pemilihan topik, heuristik (mencari dan mengumpulkan sumber), verifikasi atau kritik sumber (yang terdiri dari kritik ektern dan intern), interpretasi (penafsiran sumber), dan historiografi (penulisan sejarah). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, studi lapangan atau wawancara dan studi kearsipan. Skripsi ini menggunakan pendekatan historis dan sosiologi, serta menggunakan teori Continuity and Change teory menurut Claire Holt. Hasil penelitian dari skripsi ini yaitu, (1) Yayasan Al-ashar berdiri pada tahun 1981, dimulai perintisanya pada tahun 1980 oleh H. Hilmy Nuchalawani beserta para pewaqof. (2) Yayasan Al-ashar mengalami perkembangan yang cukup pesat beberapa tahun ke belakang ini, pada beberapa aspek seperti perkembangan pengasuh, jumlah anak asuhan dan fasilitas yang disungguhkan.(3) Yayasan Al-ashar memiliki peran dan kontribusi dalam pendidikan yaitu adanya TPQ beserta kegiatan ketrampilan untuk anak asuhan, dalam bidang keagamaan memiliki peran dengan kegiatan-kegiatan agamis baik untuk anak asuhan maupun masyarakat sekitar dan untuk bidang sosial Yayasan PSAA Al-ashar bersosialisasi dengan membantu kaum dhuafa’, janda maupun masyarakat sekitar yang tidak mampu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mauladana, Nisful Lailinisfulmauladana@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Organisasi Masyarakat
Sejarah
Uncontrolled Keywords: Sejarah perkembangan yayasan al-Ashar
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 May 2018 03:33
Last Modified: 09 May 2018 03:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24905

Actions (login required)

View Item View Item