Penggunan media animasi berbasis audiovisual untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas III MI Hidayatul Ulum Ngampel Selodono Kediri

Laili, Fitri Intan Nur (2018) Penggunan media animasi berbasis audiovisual untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas III MI Hidayatul Ulum Ngampel Selodono Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fitri Intan Nur Laili_D77214065.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia kemampuan siswa dirasa kurang dalam menulis puisi. Penelitian ini diambil karena menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa, selain keterampilan berbicara, menyimak, dan mendengar. Akan tetapi permasalahan yang terjadi yaitu kurang maksimal khususnya dalam mengembangkan kalimat. Selain itu, guru kurang kreatif menggunakan media pembelajaran dikelas sehingga siswa merasa kesulitan untuk mengembangkan imajinasinya. Sehingga perlu diterapkannya penggunaan media animasi berbasis audiovisual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan media animasi berbasis audio visual pada keterampilan menulis puisi untuk siswa kelas III MI Hidayatul Ulum Ngampel Selodono Kediri? 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis puisi dengan media animasi berbasis audio visual di kelas III MI Hidayatul Ulum Ngampel Selodono Kediri ? Penelitian ini dilakukan di MI Hidayatul Ulum Ngampel Selodono Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan juga penilaian produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media animasi berbasis audiovisual berjalan dengan baik karena dapat meningkatakan aktivitas guru dan siswa. Pada prasiklus aktivitas guru mendaptkan skor 71.87, siklus I mendapatkan skor 81.25, dan siklus II mendapatkan skor 93.75. Pada prasiklus aktivitas siswa mendapatkan skor 61.11, siklus I mendapatkan skor 72.2, pada siklus II mendapatkan skor 88.89. 2) Hasil keterampilan menulis puisi siswa pada prasiklus mendapatkan skor rata-rata 61.13 dengan ketuntasan belajar mencapai 20%, pada siklus I mendapat skor rata-rata 66.86 dengan ketuntasan belajar mencapai 40%, dan siklus II mendapatkan skor rata-rata 78.37 dengan ketuntasan belajar mencapai 83.33%.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rusydiyah, Evi Fatimatur
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis puisi; media animasi berbasis audiovisual
Subjects: Keterampilan
Menulis
Pendidikan > Media
Puisi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Laili Fitri Intan Nur
Date Deposited: 09 May 2018 03:57
Last Modified: 09 May 2018 03:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24895

Actions (login required)

View Item View Item