Pembangunan pelabuhan internasional (JIIPE) Java Integrate Industrial Port Estate Gresik dan Perubahan sosial masyarakat sekitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Ni'mah (2018) Pembangunan pelabuhan internasional (JIIPE) Java Integrate Industrial Port Estate Gresik dan Perubahan sosial masyarakat sekitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ni'matus Sholihah_I93214067.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak di kaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Bagaimana pembangunan pelabuhan internasional JIIPE Gresik? (2) Bagaimana perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat sekitar proyek pembangunan Pelabuhan Internasional JIIPE Gresik ? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui proses pembangunan pelabuhan internasional JIIPE Gresik. Untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada masyarakat sekitar proyek pembangunan pelabuhan Internasional JIIPE Gresik. Untuk menjawab dua persoalan di atas, maka peneliti menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan ditunjang dengan berbagai referensi kepustakaan yang membahas informasi yang berkaitan. Metode ini dipilih agar di peroleh data penelitian yang bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai Proyek Pembangunan Internasional JIIPE Gresik dan Perubahan Masyarakat Sekitar. teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori modernisasi W.W Rostow yang di anggap relevan dalam mengkaji pembangunan dan perubahan sosial dalam masyarakat. Hasil temuan dari penelitian ini bahwa (1) Proses pembangunan proyek pelabuhan Internasional JIIPE Gresik di mulai pada awal Oktober 2013 dan di resmikan pada 9 Maret 2018. Kawasan pelabuhan internasional Gresik di bangun di atas lahan seluas 2.500 hektar, yang meliputi kontruksi pembangunan dermaga seluas 85 hektar dengan panjang 500 meter, untuk kawasan pelabuhan seluas 400 hektar dengan panjang dermaga 6.500 meter. Pembangunan kawasan pelabuhan yang terintegrasi di kawasan Manyar di kenal sebagai(JIIPE) Java Integrate Industrial Port Estate. Pembangunan pelabuhan internasional merupakan upaya dalam menekan biaya logistic dengan mendekatkan kawasan industry dan pelabuhan yang akan berpengaruh terhadap berkurangnya biaya transportasi atau pengangkutan dari pabrik menuju pelabuhan. (2) Perubahan yang terjadi pada masyarakat dalam berbagai macam aspek kehidupan seperti; perubahan alih fungsi lahan tambak menjadi areal pembangunan, perubahan dari tradisional seperti dalam hal mata pencaharian mereka yang awalnya berprofesi sebagai nelayan, dan buruh tambak. Beralih profesi pada sektor industrialisasi bekerja pada pabrik, pengusaha dll, Perubahan dari segi budaya dan norma, gaya bicara, gaya berpakaian, tingkah laku dan bahasa. Dan masyarakat yang terkena dampak perubahan tersebut adalah masyarakat Mengare, Manyarejo, dan Manyar Sidomukti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Ni'mahnikmaajha.nn@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pembangunan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Sholihah Ni'matus
Date Deposited: 18 Mar 2019 07:19
Last Modified: 18 Mar 2019 07:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24883

Actions (login required)

View Item View Item