Konseling Profetik Dalam Menanggulangi Penyalahgunaan Narkoba

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfikry, Mohammad Khair (2018) Konseling Profetik Dalam Menanggulangi Penyalahgunaan Narkoba. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Khair Al-Fikry_B53214024.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk menggali berbagai cara atau strategi Rasulullah SAW menurut sejarah dari berbagai kitab tafsir dan hadist dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba pada masa itu. Hal ini diharapkan akan menjadi informasi penting yang dapat memberikan sumbangsih penanganan penyalahgunaan narkoba menurut konteks Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang berlandaskan filsafat post positivisme.
Penelitian dilakukan dengan eksplorasi sejarah pengharaman khamr/ penanggulangan penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh Rasulullah SAW yang terdapat pada berbagai kitab tafsir dan hadist serta Sirah Nabawiyah untuk menggali strategi Rasulullah SAW dalam sejarah pengharaman khamr pada masa itu. Kemudian hasil temuan dianalisa berdasarkan kajian pustaka konseling profetik hingga memunculkan konsep konseling profetik yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba. Pada penelitian ini, data diperoleh melalui eksplorasi dan observasi pustaka. Penyajian dan analisis data dilakukan dengan cara deskriptif komparatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat 6 strategi penanggulangan narkoba yang dilakukan Rasulullah SAW, diantaranya yaitu strategi promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, represif dan spiritual. Temuan menarik dalam penelitian ini adalah adanya strategi spiritual yang digunakan oleh Rasulullah dalam penanggulangan penyalahgunaan narkona. Rasulullah menghubungkan antara hal-hal yang memabukkan dengan akidah Islam yang dibuktikan dengan larangan mendekati sholat dalam keadaan mabuk pada Surah An-Nisa ayat 43. Disamping itu konseling profetik dalam strategi penanggulangan narkoba lebih dominan menggunakan pendekatan fitrah, metode penyadaran (At-Targhib wat-Tarhib), teknik bimbingan penyuluhan serta teknik pencerdasan (Irsyadiyah), hijrah, dan penyucian diri (Tazkiyatun Nafs).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfikry, Mohammad Khairkhairulfikri.ln@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Narkotika
Nabi Muhammad
Uncontrolled Keywords: Konseling profetik; Penyalahgunaan narkoba
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Alfikry Mohammad Khair
Date Deposited: 18 Mar 2019 07:06
Last Modified: 18 Mar 2019 07:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24871

Actions (login required)

View Item View Item