Usaha produksi tahu di Dusun Bapang Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang dalam perspektif fetisisme komoditas Marxian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Effendy, Arief (2018) Usaha produksi tahu di Dusun Bapang Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang dalam perspektif fetisisme komoditas Marxian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arief Effendy_E01213011.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan dengan judul “Usaha Produksi Tahu di Dusun Bapang Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang Perspektif Fetisisme Komoditas Marxian”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana masyarakat Dusun Bapang dalam mencari nafkah dan memenuhi kebutuhannya hanya dengan usaha tahu dan bagaimana hubungan sosial yang ada di Dusun Bapang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan dengan tempat penelitian berada di Dusun Bapang Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Kemudian metode yang dipakai adalah metode deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, dan kejadian yang terjadi pada usaha produksi tahu di Dusun Bapang. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dari banyaknya usaha produksi tahu yang ada di Dusun Bapang ini berawal dari melihat salah satu pengusaha yang sukses dengan usaha produksi tahu tersebut yang memuat kesejahteraan ekonomi dan tingkat status sosial yang tinggi. Dengan keahlian dan kemampuan dalam pengolahan tahu dan dorongan kuat untuk berkembang dan meraih kesuksesan dalam kehidupan mereka. Dengan cara mereka meminjam uang di bank untuk mendirikan pabrik tahu. Hal tersebutlah yang membangkitan semangat dan mempunyai keinginan untuk membuat pabrik tahu sendiri demi untuk mendapatkan kesuksesan, kesejahteraan ekonomi, dan status sosial. Simbol-simbol inilah yang mereka ingin capai bukan hanya sebagai nilai ekonomi dan nilai manfaat dari usaha produksi tahu tersebut. Dari adanya pabrik tahu di Dusun Bapang ini masyarakat bisa merasakan manfaat yang luar biasa, relasi sosial yang terjadi begitu dinamis. Dari meningkatnya perekonomian masyarakat Dusun Bapang sendiri hingga pemanfaatan tenaga kerja yang awalnya banyak pengangguran di sekitar Dusun Bapang tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Effendy, Ariefeffendy.arief23@gamil.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Hubungan Masyarakat
Kesejahteraan Sosial
Uncontrolled Keywords: Fetisisme komoditas; usaha produksi tahu
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat
Depositing User: Effendy Arief
Date Deposited: 09 May 2018 08:43
Last Modified: 09 May 2018 08:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24858

Actions (login required)

View Item View Item