تطبيق نظرية تعلّم الإنسانية (Teori Belajar Humanisme)كارل رانسوم روجرز (Carl Ransom Rogers) لترقية مهارة الكتابة لطلبة الفصل الخامس بمدرسة غزالية الابتدائية الإسلامية سومبر موليا جاكاراطا جمبانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Rizka (2018) تطبيق نظرية تعلّم الإنسانية (Teori Belajar Humanisme)كارل رانسوم روجرز (Carl Ransom Rogers) لترقية مهارة الكتابة لطلبة الفصل الخامس بمدرسة غزالية الابتدائية الإسلامية سومبر موليا جاكاراطا جمبانج. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rizka Amalia_D72212079.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, begitu juga dengan keterampilan berbahasa yang dimiliki. Ada empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan mendengar, membaca, berbicara dan menulis. Dari ke empat keterampilan tersebut, keterampilan menulisbisa dikatakan keterampilan yang paling sulit dikarenakan keterampilan tersebut membutuhkan banyak pemahaman kebahasaan lainnya seperti tata bahasa atau qowaid, rasa bahasa serta kreativitas mengolah kata untuk dijadikan suatu kalimat atau gagasan. Untuk itu teori belajar Humanisme Carl Ransom Rogers yang membawa prinsip bahwa apapun bisa dimanfaatkan asal tujuannya untuk memanusiakan manusia yang tidak dapat dipaksakan untuk menulis suatu ide dengan satu sama lain, baik dalam hal apa yang akan diungkapkan maupun bagaimana cara mengungkapkannya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sampel penelitian adalah 25 siswa kelas V B MI Ghozaliyah Sumbermulyo Jogoroto Jombang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal uji keterampilan menulis, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan rumus evaluasi keterampilan menulis yang disajikan dalam bentuk tabel, kemudian dideskripsikan sehingga diperolehkesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data sebagai berikut: Keterampilan menulis siswa pada pertemuan pertama rata-rata 80,64 dan pada pertemuan kedua rata-rata 87,44 dengan selisih 6,80. Dibandingkan dengan sebelum penerapan teori yakni rata-rata 56, nilai siswa mengalami peningkatan dengan selisih 31,44. Setelahnya dibandingkan dengan nilai KKM, nilai siswa mengalami peningkatan drastis yakni 797 yang semula 1389 menjadi 2186.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Rizkaanjilir27@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Teori Belajar Humanisme Carl Ransom Rogers; Keterampilan Menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Amalia Rizka
Date Deposited: 15 May 2018 02:49
Last Modified: 15 May 2018 02:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24856

Actions (login required)

View Item View Item