Konsep kepribadian dalam kitab Muntakhabat fii Rabith al Qalbiyyah wa Shilat al Ruhiyyah karya Hadrat Al Shaikh KH. Achmad Asrari Al Ishaqy RA

Hadi, Mochammad Nur (2018) Konsep kepribadian dalam kitab Muntakhabat fii Rabith al Qalbiyyah wa Shilat al Ruhiyyah karya Hadrat Al Shaikh KH. Achmad Asrari Al Ishaqy RA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Nur Hadi_D01214014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena pada lingkungan yang dihadapkan kepada tantangan zaman yang lebih berat dimana seorang anak mulai menginjak remaja banyak yang melakukan pelanggaran-pelanggaran norma-norma dan etika agama. Maka dari itu penulis mengambil penelitian ini dari sebuah kitab yang bergenre tasawuf karena dalam sebuah tasawuf terlihat jelas bagaimana seorang pendidik atau guru atau yang biasanya disebut Mursyid sangat memperhatikan betul bagaimana keadaan seorang muridnya melalui rahasia-rahasia cahaya-Nya. Salah satu budaya sufi yang pada masa dulu dan yang sekarang masih bisa kita jumpai adalah perkumpulan-perkumpulan yang mereka lakukan dalam rangka bersama-sama mengingat Allah Swt. Karena sebagaimana menurut KH. Ah}mad Asrari Al Ish}a>qi> R.A bahwasanya tujuan dari segenap pembesar dan pemuka ulama shufiyah di dalam mendorong kita untuk beramal dan berprilaku sesuai dengan al-Qur’an dan Hadist tidak ada yang lain kecuali untuk berkumpul (secara maknawi) bersama Allah Swt dan RasulNya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu suatu pendekatan penelitian yang menghasilkan data komperhensif berupa kata-kata tertulis dengan menganalisa data perpustakaan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian yang menggunakan metode library research (penelitian kepustakaan) yaitu dengan mengumpulkan seluruh penafsiran atau buku yang relevan dengan penelitian sumber-sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari bahan-bahan tertulis, baik berupa tulisan bahasa Arab maupun Indonesia dan wawancara yang mempunyai hubungan dengan permasalahan penelitian ini.Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep kepribadian yang ada dalam kitab muntakhobat sangat cocok jika diterapkan pada seseorang yang mencari ilmu atau dalam dunia pendidikan sehingga seseorang tersebut tidak salah arah dalam godaan yang kuat saat ini, lebih-lebih terkait dengan kepribadian yang ia jalani dalam kehidupan sehari-hari guna komunikasi dengan Allah Swt dan manusia lainnya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mas'ud, Ali
Uncontrolled Keywords: Konsep kepribadian; kitab Muntakhabat fii Rabith al Qalbiyyah wa Shilat al Ruhiyyah
Subjects: Kepribadian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hadi Mochammad Nur
Date Deposited: 09 May 2018 03:22
Last Modified: 09 May 2018 03:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24854

Actions (login required)

View Item View Item