Perbandingan efektivitas metode rote learning dan metode efektif efisien dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an sesuai ilmu tajwid di SMP Negeri 3 Surabaya

Nur, Fitri Ardhiana (2018) Perbandingan efektivitas metode rote learning dan metode efektif efisien dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an sesuai ilmu tajwid di SMP Negeri 3 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fitri Ardhiana Nur_D91214108.pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Untuk mewujudkan tujuan dari suatu proses pembelajaran maka hal terpenting yang harus diperhatikan adalah penggunaan metode yang tepat dan efektif dalam proses pembelajaran. Metode tersebut adalah metode rote learning dan metode efektif efisien yang digunakan dalam proses pembelajaran ilmu tajwid. Metode rote learning adalah metode dengan cara menghafal sedangkan metode efektif efisien adalah kolaborasi antara dua metode yaitu metode make a match dan metode mind mapping. Dalam sekripsi ini ada tiga rumusan masalah yang akan dibahas yaitu : (1) Bagaimanakah metode rote learning dan metode efektif efisien dalam pembelajaran ilmu tajwid? (2) Bagaimanakah pelaksanaan metode rote learning dan metode efektif efisien dalam pembelajaran ilmu tajwid di SMP Negeri 3 Surabaya? (3) Bagaimanakah perbandingan efektivitas metode rote learning dan metode efektif efisien dalam pembelajaran ilmu tajwid di SMP Negeri 3 Surabaya? Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk bentuk “The Static Group Pretest-Postest Design” dan teknik analisis data yang digunakan adalah descriptive statistics dan uji beda t-paired. Berdasarkan permasalahan yang diperoleh dari hasil analisis data sebagai berikut : (1) Metode rote learning dalam pembelajaran ilmu tajwid merupakan metode menghafal hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun. Sedangkan metode efektif efisien merupakan metode bermain kartu dan membuat peta konsep tentang hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun (2) Pelaksanaan metode rote learning di SMP Negeri 3 Surabaya berjalan dengan baik, peserta didik menghafal hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun. Untuk pelaksananan metode efektif efisien di SMP Negeri 3 Surabaya juga berjalan dengan baik, peserta didik senang bermain kartu dan membuat peta konsep (3) Perbandingan efektivitas metode rote learning dan metode efektif efisien dari hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari pre-test dan post-test kedua metode sama-sama naik namun nilai rata-rata metode efektif efisien lebih tinggi yaitu 68,27 banding 56,00 Metode rote learning dan metode efektif efisien memiliki perbedaan yang bermakna ini diperoleh dari hasil uji t-paired bahwa t-hitung lebih besar daripada t-tabel yaitu 3.166 > 2,04. Dapat disimpulkan metode efektif efisien lebih efektif digunakan dalam materi ilmu tajwid.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode rote learning; metode efektif efisien; ilmu tajwid
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Al Qur'an
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Creators:
CreatorsEmail
Nur, Fitri Ardhianafitriardhiana9496@gmail.com
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Fitri Ardhiana
Date Deposited: 09 May 2018 04:26
Last Modified: 09 May 2018 04:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24844

Actions (login required)

View Item View Item