Efektvitas terapi shalat bahagia untuk menurunkan anxiety disorder mahasiswa kelas B3 semester tujuh program studi Bimbingan Konseling Islam UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasution, Rahmat Faisal (2018) Efektvitas terapi shalat bahagia untuk menurunkan anxiety disorder mahasiswa kelas B3 semester tujuh program studi Bimbingan Konseling Islam UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rahmat Faisal Nasution_B53214033.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Alasan peneliti memilih judul di atas adalah, karena melihat pengaruh dari terapi sahalat bahagia sangat besar terhadap pelaksana shalat. Di samping membuat orang semakin khusu’ dalam shalatnya, juga memberikan kebahagian tersendiri. Hal ini didasari dari testimoni dari orang-orang yang melaksanakannya. Oleh karena itu membuat peneliti terinspirasi untuk meneliti kajian ini dari perfektif bimbingan konselng islam dengan permasalahan yang dirasakan mahasiswa dalam bentuk kecemasan. Fokus Penelitiannya adalah Apakah Terapi Shalat Bahagia Efektif dalam menurunkan Anxiety Disorder Mahasiswa Kelas B3 Program Studi Bimbingan Konseling Islam UIN Sunan Ampel Surabaya? Peneliti mengkaji permasalahan ini dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental designs dengan menggunakan bentuk one-group pretest-posttest design dengan alasan karena masih terdapat variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel dependen. Hasil analisis dalam penelitian ini adalah adanya pengurangan anxiety disorder antara sebelum dan sesudah diberikan treatmen. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan uji paired sample t-test dapat diperoleh thitung > ttable yaitu (8,156 > 2,045), dengan nilai signifikan dua sisi (2-tailed) < 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Terapi Shalat Bahagia ini dapat diimplikasikan sebagai cara atau jalan untuk menggapai kabahagian bagi masyarakat, mahasiswa dan siapapun yang melaksanakannya. Di samping itu Terapi Shalat Bahagia menjadi khazanah keislaman yang modern di mana kita lebih sadar akan minimnya pegetahuan kita tentang shalat dan ibadah lainnya dan juga kita tahun bahwa shalat bahagia dapat kita gunakan sebagai terapi. Serta bagi lembaga yang terkait, Terapi Shalat Bahagia ini dapat ditindaklanjuti penelitiannya dan dapat diaplikasikan ke dalam kajian-kajian lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasution, Rahmat Faisalrahmatfaisalnasutin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi > Kecemasan
Salat > Salat Sunat
Uncontrolled Keywords: Terapi shalat bahagia; anxiety disorder
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Faisal Nst Rahmat
Date Deposited: 09 May 2018 04:16
Last Modified: 09 May 2018 04:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24820

Actions (login required)

View Item View Item