Sejarah Ekologi Kota Jombang pada masa Raden Adipati Aryo Soeroadiningrat tahun 1910-1950

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardliyah, Ayu Lailiyul (2018) Sejarah Ekologi Kota Jombang pada masa Raden Adipati Aryo Soeroadiningrat tahun 1910-1950. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ayu Lailiyul Mardliyah_A92214079.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini fokus merumuskan pertanyaan, metode penelitian dan jawaban hal hal sebagaimana berikut adalah: 1) Bagaimana sejarah lahirnya Jombang? 2) Bagaimana perkembangan ekologi kota Jombang pada masa R.A.A Soeroadiningrat tahun 1910-1950? 3) Bagaimana dampak terbentuknya tata ruang kota Jombang terhadap masyarakat? Skripsi ini, ditulis dengan menggunakan metode penelitian sejarah dengan langkah-langkah sebagai berikut: heuristik (pengumpulan data), verifikasi (mengkritisi data), interpretasi (penafsiran data, dan historiografi (penulisan sejarah). Penulisan ini menggunakan pendekatan historis sosiologis, yaitu pendekatan yang digunakan untuk memaparkan sejarah lahirnya kota Jombang bersamaan dengan perkembangan masyarakat kota serta dinamika kegunaan lahan dari tahun 1910-1950. Teori yang digunakan adalah teori hadlarah (kemajuan) yang dikemukakan oleh Ibnu Khaldun dalam Moqoddimah Ibnu Khaldun yaitu negara mendahului kota kecil dan kota kecil yang merupakan produk skunder kedaulatan. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa: 1) Jombang lahir sebagai kota yang memiliki pemerintahan sendiri pada tahun 1910 setelah turunnya SK pemisahan kota Jombang dari Mojokerto atas perintah Belanda. 2) Perkembangan ekologi tata ruang kota Jombang meliputi Masjid, Lapangan, Pendopo, Kantor Pemerintah Kabupaten Jombang, Benteng, Stasiun, Terminal, serta pemukiman penduduk. 3) Dampak terbentuknya tata ruang kota Jombang meliputi, kemudahan dakwah Islam, perkembangan pondok pesantren, perkembangan penduduk Jombang, dan terbukanya lapangan kerja baru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardliyah, Ayu LailiyulLailimardliyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekologi
Uncontrolled Keywords: Sejarah Ekologi; Raden Adipati Aryo Soeroadiningrat
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mardliyah Ayu Lailiyul
Date Deposited: 09 May 2018 04:40
Last Modified: 09 May 2018 04:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24815

Actions (login required)

View Item View Item