Perbandingan kemampuan representasi matematis siswa SMP yang menggunakan model pembelajaran heuristik vee dengan model pembelajaran arias

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktofani, Idham Fireza (2018) Perbandingan kemampuan representasi matematis siswa SMP yang menggunakan model pembelajaran heuristik vee dengan model pembelajaran arias. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Idham Fireza Oktofani_D74213068.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran yang sering digunakan untuk meningkatkan kemamppuan representasi matematis siswa adalah model pembelajaran Heuristik Vee dan ARIAS. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Heuristik Vee; (2) mengetahui kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran ARIAS; (3) mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa antara yang memperoleh model pembelajaran Heuristik Vee dengan ARIAS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan rancangan penelitian tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII-A dan 30 siswa kelas VIII-B MTs Darul Hikmah Mojokerto. Materi yang digunakan dalam pembelajaran adalah pythagoras. Pengumpulan data menggunakan tes tulis, yang meliputi tes tulis kemampuan awal dan tes tulis kemampuan akhir. Teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini adalah : (1) kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Heuristik Vee termasuk tinggi tetapi tidak mewakili kemampuan dari seluruh siswa; (2) kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran ARIAS termasuk tinggi dan mewakili kemampuan dari seluruh siswa; (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Heuristik Vee dengan ARIAS.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktofani, Idham Firezaidhamfireza@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Komunikasi
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran heuristik vee; model pembelajaran arias; kemampuan representasi matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Oktofani Idham Fireza
Date Deposited: 09 May 2018 01:43
Last Modified: 09 May 2018 01:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24809

Actions (login required)

View Item View Item