تحليل الأخطاء التّحريرية المرحليّة لترقية مهارة الكتابة لدى طلّاب الفصل الثّاني عشر في المدرسة الثّانويّة معهد ماس كرمبانجان تامان سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzdalifah, Muzdalifah (2018) تحليل الأخطاء التّحريرية المرحليّة لترقية مهارة الكتابة لدى طلّاب الفصل الثّاني عشر في المدرسة الثّانويّة معهد ماس كرمبانجان تامان سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muzdalifah_D72214059.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kesalahan dalam pembelajaran maharah kitabah terjadi dikarenakan beberapa faktor, dan diantaranya adalah faktor interferensi bahasa ibu. Hal tersebut kerap dialami para pembelajar bahasa Asing, seperti halnya yang dialami oleh murid MA PP MAS dalam mempelajari bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti ingin menganalisis kesalahan yang terdapat dalam karangan siswa kelas XII MA PP MAS, yang selanjutnya hasil dari analisis tersebut digunakan sebagai bahan dalam meningkatkan keterampilan menulis dalam pembelajaran Bahasa Arab.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan siswa pada ketrampilan menulis kelas XII di MA PP MAS Krembangan Taman Sidoarjo. 2) untuk mengetahui bentuk kesalahan tertulis dari segi interferensi bahasa pada karangan siswa tersebut. Dan 3) untuk mengetahui peningkatan ketrampilan menulis dengan menggunakan hasil analisis kesalahan tertulis dari segi interferensi bahasa dalam karangan siswa tersebut. Untuk menjawab permasalahan tersebut metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, tes, dan analisis data. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas XII yang terdiri dari 25 siswa.Adapun hasil dari penelitian ini adalah, ditemukannya 94 kesalahan, 59 kesalahan dari susunan sintaksis dan 35 kesalahan dari susunan morfologi, yang semua kesalahan disertai pembenaran dalam tabel. Adapun tafsir kesalahannya adalah munculnya interferensi bahasa yang disebabkan beberapa faktor, yaitu : agaknya peneliti belum menguasai kaidah bahasa ke-dua dan belum mampu mengatasi karakter bahasa tersebut. Dan hasil analisis ini ketika diterapkan pada pembelajaran Bahasa Arab mampu meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas XII MA PP MAS Krembangan, Taman, Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzdalifah, MuzdalifahMuzdalifah.dalifah27@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keterampilan
Menulis
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan; interferensi Bahasa Arab; keterampilan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muzdalifah Muzdalifah
Date Deposited: 08 May 2018 07:58
Last Modified: 08 May 2018 07:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24802

Actions (login required)

View Item View Item